BrandzView
Konten ini merupakan kerja sama Kompas.com dengan Frank & Co

Ingin Hubungan Asmara Jauh dari Prahara? Coba Terapkan 5 Cara Ini

Kompas.com - 28/06/2023, 19:04 WIB
Hotria Mariana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setiap pasangan, baik berpacaran maupun menikah, menginginkan hubungannya berjalan harmonis dan intim. Tak ada drama, apalagi berpisah.

Namun, realitasnya, keinginan tersebut kerap sulit diwujudkan. Hal ini mengingat, hubungan romansa yang melibatkan dua orang dengan jalan pikir berbeda-beda.

Sejumlah hal yang kerap memicu prahara dalam hubungan asmara di antaranya adalah ketidakmampuan dalam mendengarkan, kurang mengapresiasi satu sama lain, tidak langsung meminta maaf ketika membuat kesalahan, kurang sentuhan fisik, dan kurang quality time.

Karena itu, usahakan Anda dan pasangan menghindari pemicu-pemicu tersebut. Agar hubungan asmara jauh dari prahara, Anda dapat menerapkan beberapa tip yang dilansir dari Psychology Today, Kamis (6/3/2023), berikut.

1. Praktikkan mirror and reciprocate

Dalam kehidupan sehari-hari, seseorang biasanya mendengarkan lawan bicaranya hanya untuk memberi respons balik ketimbang memahami pesan atau perasaan yang disampaikan.

Pola demikian juga sering terjadi pada jalinan asmara. Alhasil, banyak sejoli seakan memiliki percakapan berbeda karena tidak benar-benar mendengarkan satu sama lain.

Praktik mirror and reciprocate menjadi solusi untuk mengatasi kebiasaan tersebut. Dengan demikian, masing-masing merasa dimengerti dan dihargai.

Adapun mirror berfokus pada mendengarkan dan memvalidasi perkataan pasangan, tanpa memasukkan pikiran atau penilaian pribadi.

Sebagai contoh, bila pasangan bercerita, “Hari ini aku kesal karena dimarahi bos hanya karena hal sepele”, Anda cukup meresponsnya dengan “Iya, aku mengerti. Kamu sedang kesal dan itu tidak apa-apa”, ketimbang berkata “Sabar, barangkali bosmu tidak bermaksud demikian. Kamu tidak perlu memusingkannya” atau “Masa sih? Sepengetahuanku bosmu adalah orang yang baik”.

Sementara itu, reciprocate berkaitan dengan respons balik penuh perhatian yang diberikan kepada pasangan. Misalnya, pasangan mengajak makan malam selepas jam kantor. Padahal, di momen tersebut, Anda harus lembur.

Daripada meresponnya dengan “Tidak bisa, kamu tahu sendiri aku sedang sibuk” dan membuat si dia kecewa, sebaiknya Anda berikan alternatif hari pengganti. Contoh, “Maaf ya, aku hari ini mesti lembur. Bagaimana kalau kita pergi lusa? Aku janji deh”.

Respons seperti itu harus dilakukan karena bisa jadi pasangan ingin quality time dengan Anda, tapi enggan mengatakannya secara langsung.

2. Biasakan ucapkan terima kasih dan maaf

Romansa yang telah terjalin lama kerap membuat satu sama lain melupakan hal-hal kecil yang sebenarnya baik. Contoh, mengucapkan kata terima kasih usai meminta tolong dan maaf ketika berbuat salah.

Meski terdengar sepele, kedua kata tersebut merupakan magic words yang dapat memberikan efek besar bagi pendengarnya.

Jadi, biasakanlah kembali berterima kasih pada pasangan atas apapun yang dilakukannya, termasuk hal kecil, seperti membukakan pintu mobil. Anggaplah kebiasaan ini sebagai investasi yang berisiko rendah, tapi memberikan pengembalian tinggi di masa depan.

Selain itu, terbiasalah untuk meminta maaf dengan benar. Psikolog klinis sekaligus penulis buku berjudul Why Won't You Apologize: Healing Big Betrayals and Everyday Hurts, Harriet Lerner, mengatakan bahwa permintaan maaf yang baik adalah permintaan maaf tanpa embel-embel kata “jika” dan “tetapi”.

Selain itu, lanjut Lerner, permintaan maaf yang efektif adalah meminta maaf dengan tulus tanpa alasan, apalagi membawa-bawa rasionalisasi.

Sebagai contoh, daripada Anda berkata, “Aku minta maaf, tapi aku berbuat begitu karena kamu yang memulai”, lebih baik katakan, “Aku minta maaf dan berjanji tidak akan mengulangi lagi”.

3. Berikan sentuhan fisik

Profesor Fakultas Kedokteran Universitas Miami Tiffany Field mengatakan, sentuhan fisik penuh kasih sayang dapat membantu mengoptimalkan sistem kekebalan tubuh serta menjaga kesehatan mental.

Bahkan, sentuhan kecil, seperti menggosok punggung atau memegang tangan, bisa mendorong tubuh memproduksi lebih banyak serotonin yang merupakan antidepresan alami.

Dari segi kualitas hubungan, kebiasaan tersebut dapat meningkatkan keintiman dan komunikasi, serta memberikan rasa aman satu sama lain.

4. Sesekali bermain bersama

Menurut Donald Winnicott yang merupakan tokoh berpengaruh dalam teori hubungan obyek dan psikologi perkembangan, orang yang secara spontan terlibat dalam permainan menandakan dirinya sehat secara psikis. Hal ini pun berlaku pada orang dewasa.

Dalam konteks hubungan asmara, aktivitas tersebut memberikan banyak manfaat. Ketika bermain bersama, Anda dan pasangan seolah-olah sedang berada dalam realitas sendiri alias dunia hanya milik berdua.

Selain bisa menjadi diri sendiri, pada kondisi itu, Anda dan pasangan juga dapat bergembira lewat kebersamaan dan keseruan yang dibangun. Hal ini pada akhirnya dapat memperkuat ikatan cinta.

Nah, coba ingat kembali, kapan terakhir kali Anda dan pasangan bermain bersama?

Cincin wanita dari lini Frank Fire Peony.Dok. Frank & co. Cincin wanita dari lini Frank Fire Peony.

5. Berikan kejutan

Keharmonisan jalinan asmara juga dapat dijaga dengan sesekali memberikan kejutan pada pasangan. Misalnya, setangkai bunga favorit.

Contoh kejutan lain yang lebih berkesan dan bernilai adalah hadiah perhiasan berlian. Adapun perhiasan berlian sudah menjadi simbol cinta selama berabad-abad.

Sebagai rekomendasi hadiah, Anda bisa melirik koleksi perhiasan emas dan berlian edisi spesial dari Frank & co., yaitu Frank Fire Peony, Frank Deer Chain Earrings, dan Carisse. Ketiganya merupakan perhiasan model terbaru yang khusus didesain dalam rangka hari ulang tahun (HUT) ke-27 #Franknco.

Frank Fire Peony sendiri adalah lini perhiasan berlian yang terinspirasi dari keindahan bunga peony. Lini ini terdiri atas ladies ring, earrings, bangle, dan pendant. Semuanya menggunakan berlian Frank Fire berdesain soliter sehingga memberikan kesan manis, cantik, dan feminin pada pemakainya.

Seluruh koleksi perhiasan pada lini itu pun sudah tersertifikasi oleh Sarine Technology dengan Light Performance Ultimate.

Adapun penilaian Sarine Light Performance ditentukan berdasarkan empat indikator, yakni Brilliance, Sparkle, Fire, dan Light Symmetry. Selain itu, interaksi berlian dengan cahaya menjadi faktor paling menentukan penampilan dari berlian tersebut.

Dalam penilaian, Sarine menggunakan e-grading dan artificial intelligence (AI) yang mampu menghasilkan akurasi dan konsistensi lebih tinggi. Berdasarkan sertifikasi tersebut, Frank Fire Peony mendapatkan Light Performance dengan grade tertinggi, yakni Ultimate.

Frank Deer Chain Earrings memiliki desain trendi.Dok. Frank & co. Frank Deer Chain Earrings memiliki desain trendi.

Sementara itu, Frank Deer Chain Earrings adalah anting-anting emas murni yang terinspirasi dari keanggunan rusa. Koleksi ini terdiri atas anting-anting biasa (kiri dan kanan sama), mismatch earrings (kanan dan kiri beda), dan single earring (tersedia satu sisi saja).

Dengan desain ikonik khas Frank & co., Frank Deer Chain Earrings bakal membuat tampilan penggunanya kian trendi.

Aksen rusa yang anggun dan trendi juga bisa ditemukan pada koleksi Carisse. Koleksi ini terbagi menjadi empat set perhiasan.

Tampilan Carisse Solitaire Earrings.Dok. Frank & co. Tampilan Carisse Solitaire Earrings.

Set pertama Carisse terdiri dari Carisse Solitaire Earrings, Carisse Solitaire Ladies Ring, Carisse Solitaire Bangle, Carisse Trilogy Bangle, dan Carisse Eternity Necklace.

Kemudian, set kedua terdiri atas Carisse Eternity Bangle 0,30 carat, Carisse Solitaire Earrings, Carisse Solitaire Bangle, Carisse Trilogy Bangle Carisse Solitaire Pendant, Carisse Dolitaire Ladies Ring, dan Carisse Eternity Bangle 0,50 carat.

Sementara itu, set ketiga terdiri dari Carisse Solitaire Bangle, Carissa Trilogy Bangle, Carisse Solitaire Pendant, Carisse Solitaire Ladies Ring, dan Carisse Solitaire Earrings. Lalu, set keempat meliputi dua desain Carisse Solitaire Ladies Ring dan dua desain Carisse Solitaire Bangle.

Keunikan lain dari koleksi Carrise adalah penggunaan batu berlian Frank Fire sebagai material utama dan pembuatannya yang memakan waktu selama lebih dari 1.400 jam kerja.

Koleksi perhiasan emas dan berlian Frank & co. turut memeriahkan peragaan busana desainer Monica Ivena. Dok. Frank & co. Koleksi perhiasan emas dan berlian Frank & co. turut memeriahkan peragaan busana desainer Monica Ivena.

Untuk diketahui, keindahan koleksi perhiasan emas dan berlian dari Frank & co. rupanya mampu menarik perhatian desainer fesyen kenamaan Monica Ivena. Alhasil, keduanya pun berkolaborasi dalam satu ajang peragaan bergengsi bertajuk “Kaleidoscope Dream” yang digelar di The St Regis Hotel Jakarta, Rabu (31/5/2023).

Keterlibatan Frank & co. dalam ajang tersebut adalah membuat perhiasan berlian eksklusif dengan tema Gatsby, Disco, Under the Sea, dan Birds of Paradise. Tema-tema ini menyempurnakan karya Monica Ivena yang tidak hanya indah, tapi juga berkualitas tinggi, inovatif, dan mendunia.

Selain itu, tak ada salahnya untuk melirik juga lini perhiasan emas premium Frank & co. yang memiliki tampilan klasik, unik, edgy, modern, dan elegan, yakni Frank Gold.

Frank Gold terdiri atas Grande Ring Collection yang merupakan cincin emas berdesain simpel nan unik, serta Geometric Collection yang menjadi koleksi terbaru lini tersebut. Seluruh perhiasan emas Frank Gold dibuat dengan teknologi Italia dan menggunakan emas berstandar SNI 18k.

Geometric Collection sendiri hadir dalam bentuk cincin dengan konsep 3 in 1 yang memberikan tiga tampilan berbeda ketika diputar. Lalu, enam pasang anting-anting bulat (hoop earrings) yang tersedia dalam warna rose gold dan lima gelang emas (bangle) dengan tiga warna berbeda, yakni yellow gold, rose gold, dan white gold.

Itulah lima hal yang perlu Anda dan pasangan lakukan agar hubungan asmara terhindar dari prahara.

Untuk informasi lebih lengkap mengenai koleksi perhiasan berlian istimewa Frank & co., Anda bisa mengunjungi website dan Instagram Frank & co.


komentar di artikel lainnya
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com