Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 03/07/2023, 14:17 WIB
Lusia Kus Anna

Editor


KOMPAS.com - Minuman dengan tambahan es batu adalah pelepas dahaga terbaik di saat cuaca panas. Selain itu, es batu ternyata juga menjadi rahasia kecantikan banyak perempuan.

Ada beragam manfaat kompres es batu pada wajah, mulai dari menjadi primer makeup alami, hingga membuat jerawat yang meradang lebih kalem.

Makeup Artist dan juga Youtuber Lisa Eldrige mengatakan bahwa kompres es batu menjadi andalannya untuk mengatasi efek jet lagged saat harus berdandan atau pun mengecilkan tampilan pori-pori.

Berikut adalah beberapa manfaat es batu bagi kecantikan dan cara tepat melakukannya.

Baca juga: Buccal Facial, Memijat dan Membentuk Kulit Wajah dari Dalam Mulut

Kulit tampak sehat bercahaya

Terapis facial wajah langganan selebriti Ole Henriksen sudah lama memanfaatkan es batu dalam terapinya.

"Es batu dapat meningkatkan sirkulasi darah di kulit sehingga memberi tampilan sehat bercahaya," katanya seperti dikulit dari Vogue.com.

Dia merekomendasikan untuk membekukan biji tanaman rosehip yang kaya akan vitamin C dan juga teh hijau. Untuk penggunaannya, Henriksen menyarankan untuk membungkus es batu tersebut pada handuk kecil lalu memijatnya ke seluruh bagian wajah.

Beberapa model juga memakai trik ini saat akan pemotretan. Salah satunya model senior Kate Moss yang mengaku merendam wajahnya di baskom berisi air dingin untuk menghilangkan "muka bantal".

Selain itu, Bella Hadid juga rutin melakukan facial es batu agar wajahnya lebih glowing saat pemotretan.

Baca juga: Bella Hadid Rendam Wajahnya di Es Tiap Pagi, Apa Manfaatnya?

Membuat serum cepat meresap

Agar serum andalan kita lebih cepat diserap kulit, manfaatkan es batu di kulkas. Caranya, setelah mengoleskan serum segera kompres wajah dengan es batu. Hal ini akan membuat pembuluh darah menyempit dan menciptakan efek menarik sehingga kandungan serum masuk lebih dalam.

Jerawat meradang

Penyebab utama jerawat memang bakteri, namun kompres es batu bisa membantu mengurangi rasa nyeri dan inflamasi dengan cara menyempitkan pembuluh darah.

Trik untuk melakukannya adalah kompres es batu dengan kain yang hangat lalu pijat di bagian wajah yang berjerawat sekitar enam putaran. Teknik ini dapat melancarkan sirkulasi darah dan membantu sistem imun tubuh lebih tenang.

Walau begitu, jika kamu memiliki masalah kulit rosacea, para ahli tidak menyarankan mengaplikasikan sesuatu yang terlalu dingin atau panas ke wajah.

Baca juga: 9 Cara Menyingkirkan Kantung Mata Secara Alami

Mengurangi kantung mata

Es batu bisa jadi senjata kita mengurangi kantung mata atau tampilah mata yang lelah. Caranya, bungkus es batu dengan kain kasa lalu pijat lembut mulai dari mata bagian dalam ke luar dengan gerakan emlingkar. Cara lain, kompres mata dengan teh chamomile dingin selama beberapa menit.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kind of Life (@my.kindoflife)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com