Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sejarah Panjang di Balik Mido Multifort TV Big Date, Berapa Harganya?

Kompas.com - 04/07/2023, 06:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Penulis

KOMPAS.com - Keriaan yang digelar Mido pada pekan lalu di Hotel Park Hyatt, Bangkok, Thailand adalah untuk merayakan masuknya arloji Multifort TV Big Date terbaru ke pasar Asia, termasuk Indonesia.

Multifort TV Big Date diusung sebagai arloji stylist yang memadukan desain vintage dengan fungsionalitas modern.

Baca juga: Gadis-gadis Bergaun Malam Cicipi Arloji Kim Soo Hyun Tanpa Salam

Penambahan koleksi Multifort kali ini menawarkan perpaduan kombinasi antara keanggunan dan kepraktisan, dengan harga yang relatif terjangkau.

Tapi, sebelum masuk ke pembahasan soal harga, mari kita kupas dulu cerita di balik jam tangan yang mengusung gaya sport tanpa meninggalkan kesan mewah yang telah menjadi "DNA"-nya.

Lalu, dengan beberapa pilihan warna dial, jam tangan ini menawarkan daya tarik yang lebih luas, ditambah sejarah panjang di baliknya --sejak tahun 1973.

Baca juga: Mido Multifort TV Big Date, Arloji Vintage Bergaya TV Jadoel

Sejarah Mido

Mido Multifort TV Big Date dengan dial hijau dan strap stainless steel.KOMPAS.com/ GLORI K WADRIANTO Mido Multifort TV Big Date dengan dial hijau dan strap stainless steel.
Watch Company didirikan pada tahun 1918, yang pada awalnya berfokus pada produksi arloji dengan desain yang terinspirasi gaya art-deco.

Pada tahun 1930-an, Mido mengubah arahnya dengan memperkenalkan arloji Multifort, yang memiliki fitur tahan air, antimagnetik, dan tahan guncangan.

Sejarah mencatat, langkah ini menandai titik balik yang signifikan bagi pabrikan Swiss ini, dengan membangun reputasinya sebagai pembuat arloji kelas dunia.

Multifort Automatic pertama kali diluncurkan pada tahun 1935, dan keberadaannya semakin mengukuhkan kesuksesan Mido menggabungkan kualitas self-winding, dengan fitur kedap air, antimagnetik, dan tahan benturan dalam satu arloji, untuk pertama kalinya.

Sejak saat itu Multifort menjadi produk terlaris Mido hingga tahun 1950-an, dan bertahan sebagai salah satu pembawa nama besar bagi merek ini.

Baca juga: Mido Ocean Star GMT Special Edition Hadir dengan Extra Strap Bergaya NATO

Mido pernah menghadapi tantangan selama krisis kuarsa, namun pada akhirnya berhasil diselamatkan, dan menjadi bagian dari Swatch Group di bawah kepemimpinan mendiang Nicolas G. Hayek.

Koleksi Multifort lalu berevolusi dalam beberapa tahun terakhir, dengan tetap mempertahankan kekhasannya.

Nah, Mido Multifort TV Big Date mengambil inspirasi dari sejarah panjang Mido tersebut, dan memberi sentuhan bentuk persegi panjang dan estetika khas layar televisi pertengahan abad ke-20.

Franz Linder, CEO Mido, dalam pembukaan pesta di Bangkok malam itu pun memberikan penegasan mengenai produk Mido Multifort TV Big Date ini.

"Arloji ini benar-benar mewujudkan gaya ikonik dari arloji klasik berbentuk TV, yang pertama kali diperkenalkan oleh Mido pada tahun 1973 dan sejak saat itu telah menjadi simbol pada masanya."

Baca juga: CEO Franz Linder: Mido Tak Punya Rencana Buat Smartwatch

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com