Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2023, 09:28 WIB
Niken Monica Desiyanti,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mimpi terkadang menampilkan skenario yang membingungkan dan menakutkan, seperti mimpi terlibat dalam penculikan.

Meski dalam mimpi, menjadi korban penculikan bisa menimbulkan trauma dan ketakutan. Bahkan, ketakutan tersebut bisa terbawa setelah terbangun.

Para pakar menjelaskan bahwa mimpi sering berhubungan dengan sumber stres yang ada di dalam diri seseorang. Mulai dari kekhawatiran akan percintaan, pekerjaan, hingga pertemanan.

Terkait dengan mimpi jadi korban penculikan, ada beberapa hal yang bisa jadi penjelasannya sebagai berikut:

Baca juga: Arti Mimpi Diberi Uang dan Mimpi Lainnya Soal Uang

1. Merasa dikekang dan tertekan

Menurut Amanda Jerkins, psikolog analisis mimpi dari New York, Amerika Serikat, mimpi diculik adalah simbol dari ketidakberdayaan seseorang dalam mengontrol hidupnya.

“Mimpi diculik dapat menandakan takut kehilangan identitas diri atau takut akan dimanfaatkan orang lain,” katanya.

Pelaku penculikan juga memiliki arti tersendiri. Jika, penculiknya adalah keluarga, teman, atau orang terdekat, ini bisa menjadi tanda adanya pengkhianatan, atau hilangnya kepercayaan pada orang tersebut.

Namun, jika pelaku penculikan adalah orang asing, hal tersebut dapat merepresentasikan ketakutan atau ancaman yang belum diketahui pasti asalnya.

Lebih lanjut, Amanda Jerkins juga menyatakan orang yang mengalami mimpi ini sebenarnya perlu mengambil tindakan tegas untuk menetapkan batasan, baik itu dalam hubungan asmara, pertemanan, dan pekerjaan.

Baca juga: Kiat Mengatasi Rasa Tertekan

2. Refleksi dari hal yang belum diselesaikan

Mimpi diculik bisa merepresentasikan kekhawatiran terhadap hal-hal yang belum sempat diselesaikan.

Melansir dari insider.com, Nereida Gonzales Berios, seorang psikiater dari Ohio, Amerika Serikat menyatakan bahwa hal-hal yang belum diselesaikan mampu menyandera pikiran seseorang.

Perasaan seperti ini bermanifestasi dari hal kecil, seperti janji untuk bertemu dengan dokter yang belum sempat dilakukan, sampai utang yang belum sempat dibayar.

Baca juga: Mengenal Utang Tidur dan Cara Membayarnya

3. Simbol dari trauma

Mimpi penculikan bisa jadi merupakan ketakutan dan ingatan yang ada di dalam alam bawah sadar seseorang.

Oleh karena itu, mimpi penculikan bisa menjadi simbol trauma yang belum selesai. Menurut Nereida, hal ini umum terjadi pada orang yang pernah mengalami kejadian traumatis dalam dunia nyata seperti percobaan penculikan, kecelakaan, pelecehan, dan lain-lain.

Menurutnya, korban yang mengalami kejadian trauma rentan sekali terkena C-PTSD atau Complex Post Traumatic Stress Disorder yang sering menyebabkan mereka sering mengalami mimpi buruk.

Menurut Maira, mimpi terlibat dalam penculikan bisa dijadikan refleksi untuk memperbaiki diri dan lebih memahami emosi.

Sementara itu Nereida menyarankan untuk berkonsultasi dengan psikiater jika kita sering mengalami mimpi buruk, terutama jika mimpi tersebut berulang dan berhubungan dengan trauma di masa lalu.

Baca juga: 6 Arti Mimpi Hamil Menurut Pakar, Simak Penjelasannya

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com