Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 13/06/2023, 19:40 WIB
Gading Perkasa,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber The List

KOMPAS.com - Ketakutan akan kehilangan pekerjaan atau dipecat sering membuat orang khawatir.

Kita tidak bisa berbuat banyak untuk mencegah hal itu, karena keputusan berada di tangan atasan atau perusahaan.

Tapi, apa artinya jika kita bermimpi kehilangan pekerjaan atau dipecat?

Bisa jadi mimpi itu pertanda bahwa pemecatan akan terjadi. Atau mungkin, alam bawah sadar kita sedang memperingatkan kita tentang kekhawatiran lain dalam hidup.

Berakar dari kecemasan

Mimpi tentang kehilangan pekerjaan ada kaitannya dengan kecemasan.

Menurut Luciding, mimpi ini merupakan "skenario berbasis kecemasan" yang disebabkan oleh pikiran bawah sadar yang memberikan saluran keluar bagi kecemasan terkait pekerjaan.

Mimpi tersebut juga dapat berhubungan dengan perasaan terisolasi dalam kehidupan sehari-hari dan cara kita berkomunikasi dengan orang lain.

Sementara itu, dilaporkan Dream Meaning, mimpi seperti ini dapat menggambarkan perasaan kelelahan fisik dan mental, serta kesulitan menikmati hal-hal kecil dalam hidup.

Secara umum, jika kita bermimpi kehilangan pekerjaan, itu sering menandakan kita tidak bahagia dengan posisi yang dimiliki, bukan ramalan masa depan.

Seperti dilansir Luciding, bermimpi dipecat bisa berarti kita mengalami kecemasan dari kehidupan pribadi dan merasa kurang kontrol.

Hal ini juga dapat menunjukkan kita sedang berada di persimpangan dalam karier, dan pilihan yang kita buat akan menentukan kesuksesan posisi saat ini.

Mimpi tentang kehilangan pekerjaan atau dipecat bisa berasal dari keinginan memberikan kenyamanan dan stabilitas kepada orang-orang terdekat, menurut Aunty Flo.

Atau, mimpi tersebut mewakili keinginan untuk memiliki hubungan yang lebih baik dengan teman dan keluarga.

Jika mimpi itu melibatkan pasangan yang kehilangan pekerjaan, itu bisa menunjukkan adanya masalah dalam hubungan asmara dan kekhawatiran tentang arah hubungan tersebut.

Baca juga: Arti Mimpi Diberi Uang dan Mimpi Lainnya Soal Uang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com