Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/07/2023, 10:08 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Saat ini, mungkin lebih banyak orang yang memelihara anjing dengan tujuan mendapatkan teman berbulu yang setia menemani dirinya. Namun, tak sedikit pula orang yang masih menginginkan anjing penjaga untuk membantu menjaga diri, rumah, dan keluarganya.

Ya, meski saat ini sistem keamanan rumah sudah cukup baik, hal itu tidak bisa benar-benar melindungi kita secara langsung, tidak seperti seekor anjing penjaga.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Ohio State University, pemilik anjing mengalami ancaman kriminal yang lebih sedikit. Bahkan, orang yang berjalan bersama anjing membuat penjahat mengurungkan niat untuik melakukan tindak kriminal. Karena itu tak mengherankan bila masih banyak yang ingin memiliki anjing penjaga.

Namun dengan banyaknya ras anjing di dunia ini, kira-kira anjing manakah yang cocok jadi penjaga?

Baca juga: 5 Ras Anjing Penjaga Terbaik untuk Perempuan Single

Untuk mengetahuinya, simak paparan yang dikutip dari Study Finds, berikut ini.

German Shepherd

Ilustrasi anjing. AnjaGh Ilustrasi anjing.

Jika memikirkan anjing penjaga, kemungkinan besar otak kita akan langsung memikirkan seekor German shepherd.

Tidak aneh memang. Dikutip dari Care.com, sepuluh dari sepuluh pakar merekomendasikan ras satu ini sebagai anjing penjaga karena sifatnya yang lembut namun pemberani dan tidak kenal takut untuk melindungi orang yang disayanginya.

Selain itu, pakar anjing dari Canine Journal pun merekomendasikan German shepherd sebagai anjing penjaga karena German shepherd memiliki insting mendengar, mempelajari, dan menurut alami yang baik.

"Meski terlihat mengancam, anjing ini penyayang dan akan menanggapi perintah setiap dibutuhkan. German shepherd juga memiliki bulu tebal yang membuatnya dapat merespon suhu dingin dengan baik yang menambah ketangguhannya.

Selain itu, anjing ini sangat memahami tempat tinggalnya dan selalu waspada, serta memiliki ukuran yang luar biasa dan dapat menjatuhkan manusia tanpa kesulitan," ujar pakar anjing di Canine Journal.

Baca juga: Mengenal Anjing German Shepherd Putih, dari Fakta Unik hingga Karakter

Rottweiler

Ilustrasi anjing rottweiler Ilustrasi anjing rottweiler

Selain German shepherd, Rottweiler juga kerap dijadikan anjing penjaga karena tampangnya yang menyeramkan dan tubuhnya yang besar.

Kendati demikian, Canine Journal memperingatkan bahwa ras satu ini tidak seramah German shepherd dan kemungkinan tidak akan cocok dengan rumah yang memiliki anak kecil karena bisa menjadi agresif pada anak-anak jika tidak dilatih dengan baik.

Namun jika telah terlatih, Rottweiler sebenarnya bisa menjadi anjing keluarga yang baik, penurut, dan penyayang lho.

Baca juga: Perbedaan Anjing Doberman dan Rottweiler, Jangan Sampai Tertukar

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com