Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Salin Artikel

5 Ras Anjing yang Cocok untuk Menjaga Rumah

KOMPAS.com - Saat ini, mungkin lebih banyak orang yang memelihara anjing dengan tujuan mendapatkan teman berbulu yang setia menemani dirinya. Namun, tak sedikit pula orang yang masih menginginkan anjing penjaga untuk membantu menjaga diri, rumah, dan keluarganya.

Ya, meski saat ini sistem keamanan rumah sudah cukup baik, hal itu tidak bisa benar-benar melindungi kita secara langsung, tidak seperti seekor anjing penjaga.

Menurut sebuah studi yang dilakukan oleh Ohio State University, pemilik anjing mengalami ancaman kriminal yang lebih sedikit. Bahkan, orang yang berjalan bersama anjing membuat penjahat mengurungkan niat untuik melakukan tindak kriminal. Karena itu tak mengherankan bila masih banyak yang ingin memiliki anjing penjaga.

Namun dengan banyaknya ras anjing di dunia ini, kira-kira anjing manakah yang cocok jadi penjaga?

Untuk mengetahuinya, simak paparan yang dikutip dari Study Finds, berikut ini.

German Shepherd

Jika memikirkan anjing penjaga, kemungkinan besar otak kita akan langsung memikirkan seekor German shepherd.

Tidak aneh memang. Dikutip dari Care.com, sepuluh dari sepuluh pakar merekomendasikan ras satu ini sebagai anjing penjaga karena sifatnya yang lembut namun pemberani dan tidak kenal takut untuk melindungi orang yang disayanginya.

Selain itu, pakar anjing dari Canine Journal pun merekomendasikan German shepherd sebagai anjing penjaga karena German shepherd memiliki insting mendengar, mempelajari, dan menurut alami yang baik.

"Meski terlihat mengancam, anjing ini penyayang dan akan menanggapi perintah setiap dibutuhkan. German shepherd juga memiliki bulu tebal yang membuatnya dapat merespon suhu dingin dengan baik yang menambah ketangguhannya.

Selain itu, anjing ini sangat memahami tempat tinggalnya dan selalu waspada, serta memiliki ukuran yang luar biasa dan dapat menjatuhkan manusia tanpa kesulitan," ujar pakar anjing di Canine Journal.

Rottweiler

Selain German shepherd, Rottweiler juga kerap dijadikan anjing penjaga karena tampangnya yang menyeramkan dan tubuhnya yang besar.

Kendati demikian, Canine Journal memperingatkan bahwa ras satu ini tidak seramah German shepherd dan kemungkinan tidak akan cocok dengan rumah yang memiliki anak kecil karena bisa menjadi agresif pada anak-anak jika tidak dilatih dengan baik.

Namun jika telah terlatih, Rottweiler sebenarnya bisa menjadi anjing keluarga yang baik, penurut, dan penyayang lho.

Doberman Pinscher

Penyedia peralatan keamanan Kuna dalam blog resminya pun mengatakan bahwa Doberman Pinscher  merupakan anjing cerdas, setia, tidak kenal takut, dan waspada, sehingga cocok jadi anjing penjaga.

"Doberman telah menjadi anjing penjaga di Jerman sejak akhir abad 19. Tubuhnya yang berotot membuatnya memiliki ketahanan kuat dan dapat berlari kencang, sekaligus dapat memberi serangan efektif saat menghadapi orang asing yang mengancam," tulis Kuna.

Reader's Digest pun mengatakan hal serupa, menjelaskan bahwa Doberman merupakan anjing yang kuat, cepat, tak kenal takut, serta selalu setia untuk melindungi pemiliknya dan selalu waspada, namun tetap bisa jadi teman yang baik.

"Jika diperlukan, anjing ini akan menanggapi ancaman dengan serius, menyudutkan penyusup hingga manusia mengambil alih tugasnya. Namun saat sedang tidak bertugas, Doberman senang bermain. Anjing ini memiliki tingkat energi tinggi dan bisa menjadi teman berlari yang baik," tulis Reader's Digest.

Kendati demikian, perlu diperhatikan bahwa Doberman tidak cocok untuk rumah dengan anak kecil di dalamnya.

Bullmastiff

Jika menginginkan anjing penjaga yang lembut dan penyayang, pilihlah Bullmastiff, anjing yang akan melakukan apapun untuk melindungi keluarganya dan memiliki insting luar biasa.

"Bullmastiff selalu sadar apa yang terjadi di sekitarnya, dan penampilannya yang mengintimidasi membuatnya menjadi pilihan tepat untuk mengusir penyusup tanpa membahayakan anak-anak," tulis Canine Journal.

Canine Journal pun menyarankan agar Bullmastiff dilatih sejak masih berada dalam masa pertumbuhan, sehingga saat sudah familiar dengan rumah dan keluarganya, Bullmastiff bisa menjadi anjing lembut dan penyayang yang akan menjadi bagian keluarga yang baik.

Sementara itu, PetsRadar menyebut bahwa Bullmastiff cocok dijadikan anjing penjaga karena kekuatan gigitannya yang sangat luar biasa, sekitar tiga kali lebih kuat dibanding rata-rata anjing lainnya.

Kendati demikian, Bullmastiff juga punya kekurangan, yaitu kerap mengeluarkan air liur terus menerus dan memiliki nafsu makan yang cukup tinggi.

Akita

Jika mencari anjing yang sangat setia dan rela melakukan apapun untuk kita, serta tidak terlalu memikirkan sosialisasi dengan anjing lain, pilihlah Akita.

“Akita merupakan salah satu ras anjing paling setia. Dibiakkan untuk menjaga keluarga kerajaan dan bangsawan di Jepang feodal, ras yang berani dan waspada ini akan selalu curiga terhadap orang asing. Akita juga kan terus mengawasi Anda dan keluarga setiap saat. serta dapat menangani tugas dengan serius meski tanpa pelatihan," tulis The Spruce.

Namun ada yang perlu diperhatikan. Meski Akita bisa menjadi anjing penjaga yang baik, anjing satu ini tidak bisa dipelihara bersama hewan lain. Belum lagi, kepercayaan dan kesetiaan Akita hanya bisa didapatkan dari pengalaman. Jadi, ras ini bisa kurang cocok jika sebelumnya kita belum pernah memelihara anjing.

Selain itu. American Kennel Club mengatakan bahwa Akita bisa manjadi agresif pada anjing lain dan perlu diajak bersosialisasi sejak dini agar bisa berinteraksi dengan anjing dan orang lain.

https://lifestyle.kompas.com/read/2023/07/05/100800420/5-ras-anjing-yang-cocok-untuk-menjaga-rumah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke