Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengapa Kucing Sering Menggigit dan Mengunyah Plastik?

Kompas.com - 08/07/2023, 13:57 WIB
Anya Dellanita,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pemilik dan pecinta kucing tentu tahu bahwa hewan kesayangannya itu tidak hanya menggemaskan, namun juga memiliki perilaku unik. Misalnya saja, menggigiti dan memakan berbagai benda berbahan dasar plastik.

Mengutip The Spruce Pets, penyebab kucing menggigit dan memakan plastik bisa disebabkan oleh berbagai hal, baik normal maupun tidak normal.

Perilaku menggigit normal sendiri bisa disebabkan oleh banyak faktor. Berikut di antaranya.

Teething

Kucing bisa menggigit plastik saat teething atau proses pertumbuhan gigi. Karena itulah, anak kucing lebih sering melakukannya.

Baca juga: Begini Cara Merawat Anak Kucing yang Baru Lahir

Anak kucing akan kehilangan gigi susunya dan mulai memiliki gigi dewasa saat usia 3,5 hingga 7 bulan.

Gigi yang berbeda memang akan rontok di waktu berbeda pula, namun dorongan untuk menggigit dan mengunyah bisa lebih kuat pada empat bulan tersebut karena anak kucing ingin mencari cara untuk meredakan rasa tidak nyaman akan 30 gigi barunya.

Bermain

Anak kucing senang bermain dengan benda mungil seperti tutup botol atau karet gelang, yang terkadang akan dibawanya dengan mulut.

Lalu saat mulai bisa merasakan tekstur benda tersebut, biasanya kucing akan terus melakukan hal yang sama dan mencari benda dengan tekstur serupa.

Baca juga: 6 Alasan Mengapa Kucing Senang Tidur di Kaki Pemiliknya

Menyukai teksturnya

Kucing dewasa bisa menyukai beberapa tekstur tertentu, yang mungkin diakibatkan setelah sebuah benda terpapar oleh catnitp, camilan kucing, atau memang sekadar penasaran saja.

Beberapa kucing juga bisa menjilat atau menggigit benda yang ditemukannya hanya untuk melihat reaksinya. Lalu ketika tahu bahwa benda itu memiliki rasa menarik, kemungkinan besar kucing akan kembali mencari benda tersebut.

Masalah mulut

Menurut VCA Animal Hospital, kucing dewasa juga bisa menggigiti dan mengunyah plastik jika sakit gigi untuk meredakan rasa nyerinya.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com