Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 11/07/2023, 07:57 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Bagi orang dewasa yang penuh kesibukan, tidur siang adalah sebuah kemewahan. Padahal, menyisihkan waktu untuk tidur siang setiap hari bisa jadi faktor kesehatan, termasuk untuk mencegah pikun.

Dengan bertambahnya usia, fungsi-fungsi fisik akan ikut menurun termasuk kemampuan otak. Ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk menjaga otak tetap sehat sehingga daya ingat tetap kuat.

Rutin tidur siang disebut-sebut menjadi salah satu cara untuk menjaga kesehatan otak. Menurut salah satu penelitian, tidur siang sejenak dapat meningkatkan fungsi kognitif dan juga mood.

Namun, berapa durasi tidur siang yang tepat? Sebab, tidur siang terlalu lama justru buruk untuk kesehatan.

Baca juga: 5 Kebaikan Meditasi untuk Kesehatan Otak

Para peneliti menyebutkan, tidur siang sekitar 10 menit sangat efektif untuk mengatasi kelelahan, memperbaiki fungsi tidur, serta kemampuan otak.

"Saya selalu menyarankankan pasien agar tidak tidur siang lebih dari 40 menit," kata dokter dan peneliti bidang kesehatan tidur, Yishan Xu, PhD.

Beberapa penelitian juga menunjukkan tidur siang dengan durasi kurang dari 30 menit sangat bermanfaat, sebab orang belum masuk ke dalam fase tidur dalam.

"Tidur siang terlalu lama ibarat makan cake sebelum makan malam. Kita bisa jadi susah tidur saat malam dan menyebabkan insomnia," kata Xu.

Jika kamu saat ini sering kesulitan tidur, mungkin tidur siang adalah hal yang dihindari karena takut makin tidak bisa tidur di malam hari.

Xu menyarankankan untuk mencoba tidur siang dan memasang alarm agar waktunya tidak berlebihan.

"Untuk mencegah rasa lemas dan pusing setelah bangun tidur, segeralah berdiri atau terkena cahaya matahari setelah bangun agar tubuh menjadi segar,"sarannya.

Baca juga: Tidur Siang Singkat Bikin Hidup Lebih Bahagia, Percaya?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com