Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Agar Higienis, Ganti Pembalut Saat Haid Tiap 4 Jam

Kompas.com - 19/07/2023, 09:41 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Menjaga kebersihan organ reproduksi merupakan hal yang penting diketahui perempuan, terutama ketika sedang menstruasi. Untuk menjaga higienitas, disarankan mengganti pembalut minimal setiap empat jam sekali.

Penggunaan pembalut selama berjam-jam membuat area kewanitaan menjadi lembab dan meningkatkan risiko infeksi dan iritasi.

Menurut survei yang dilakukan oleh merek pembalut Laurier tahun 2022, frekuensi ganti pembalut setiap empat jam sekali hanya dilakukan oleh 28 persen perempuan Indonesia. Selebihnya baru mengganti pembalut di atas empat jam, bahkan 11 jam sekali.

Dijelaskan oleh dr.Anggara Mahardika, Sp.OG, kebersihan saat menstruasi menjadi salah satu kunci kesehatan reproduksi perempuan dan pada dasarnya dapat dilakukan dengan mudah.

Baca juga: Sakit Menstruasi, Apa Penyebabnya?

 

"Untuk menjaga kebersihan menstruasi dapat dilakukan baik dari dalam tubuh seperti menjaga pola makan bergizi, olahraga teratur (tetap aktif) dan juga dari luar tubuh seperti rajin mengganti pembalut setiap 4 jam sekali atau segera saat pembalut terasa lembap atau penuh walaupun durasi penggunaannya belum 4 jam,” katanya.

Kurangnya informasi tentang bagaimana cara yang tepat dalam menjaga kebersihan saat menstruasi, tentunya menjadi salah satu penyebab banyaknya perempuan yang tidak menerapkan Manajemen Kebersihan Menstruasi.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan UNICEF, 1 dari 4 anak di Indonesia tidak pernah mendapatkan informasi seputar menstruasi sebelum mereka menstruasi pertama kali.

Mereka kerap kali mereka merasa malu, ketakutan, dan menangis belum siap ketika mendapatkan menstruasi pertama. Hal tersebut diperparah dengan tidak validnya informasi yang mereka peroleh dari orang tua sebagai sumber utama informasi.

Baca juga: Cara Merawat Organ Reproduksi Selama Masa Pubertas pada Pria dan Wanita

Brand Ambassador Laurier, Vanesha Prescilla dalam kampanye GANBATE, pada Selasa, 18 Juli 2023 di  SMPN 2 Petir, Serang Banten.Dok Kao Indonesia Brand Ambassador Laurier, Vanesha Prescilla dalam kampanye GANBATE, pada Selasa, 18 Juli 2023 di SMPN 2 Petir, Serang Banten.

Untuk mangampanyekan pentingnya manajemen kebersihan menstruasi, Laurier meluncurkan kampanye GANBATE (Ganti Pembalut Tiap Empat Jam) ke sekolah-sekolah dan pesantren.

Dalam kampanyenya, Laurier juga menggandeng Girl Up sebagai Organisasi berskala Internasional binaan United Nations dan United Nations Foundation yang berdedikasi untuk mendukung edukasi, kesehatan, keamanan yang berfokus kepada remaja putri.

“Kampanye GANBATE ini diharapkan dapat memberikan dampak nyata bagi perempuan-perempuan Indonesia dalam menjaga kebersihan area vagina terutama ketika menstruasi," kata Associate Vice President Marketing Kao Indonesia, Rosita, dalam keterangan pers.

Ia menambahkan, tidak hanya kampanye GANBATE, sejak tahun 1997 Laurier sudah secara berkelanjutan telah melakukan edukasi kepada jutaan remaja perempuan Indonesia di ribuan sekolah di seluruh Indonesia.

Edukasi dilakukan dengan memberikan informasi dan pengetahuan seputar kesehatan reproduksi khususnya yang terkait dengan menstruasi pada remaja.

"Di tahun 2023 ini Laurier telah mengedukasi 64.758 remaja putri di 398 dan akan kembali menyasar 53.375 remaja putri di 437 sekolah lainnya di seluruh Indonesia," ujarnya.

Baca juga: 7 Fakta Penting Menstrual Cup, Alternatif Pembalut yang Minim Plastik

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com