Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perjalanan Karir Hian Tjen Tertuang dalam Koleksi 'The Seeds'

Kompas.com - 22/07/2023, 20:45 WIB
Niken Monica Desiyanti,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Bagi para pecinta fesyen, mungkin sudah tidak asing lagi dengan Hian Tjen, salah satu perancang busana mewah di Indonesia. 

Setelah bertahun-tahun berkecimpung di dunia fesyen dan menciptakan berbagai koleksi busana untuk para pesohor, nama Hian Tjen semakin mencuat dan dikenal masyarakat. 

Kini, Hian Tjen kembali mengeskplorasi masa-masa awal saat meniti karir sebagai fashion designer melalui koleksi terbarunya bertajuk ‘The Seeds’.

Koleksi tersebut berhasil ditampilkan dengan apik ke dalam sebuah peragaan busana yang di selenggarakan di Hotel Mulia, Jakarta (21/7/2023).

Hian Tjen, pada peragaan busana bertajuk 'THE SEEDS' di Hotel Mulia, Jakarta, pada Jumat, (21/7/23)Niken Monica Hian Tjen, pada peragaan busana bertajuk 'THE SEEDS' di Hotel Mulia, Jakarta, pada Jumat, (21/7/23)

Baca juga: Desainer Indonesia Hian Tjen Unjuk Gigi di Milan Fashion Week

Menampilkan kilas balik perjalanan karir

Hian Tjen sukses menampilkan indahnya sisi feminin perempuan dalam setiap koleksi ‘The Seeds’.

Menurut Hian, inspirasi tersebut lahir saat ia melihat kilas balik perjalanan karirnya di dunia fesyen, pada masa-masa awal pemikirannya dulu yang lebih bertumpu pada keindahan dan kelembutan. 

“Saya mengingat setiap proses yang saya lalui, mulai dari saya belum bisa apa-apa hingga sampai ke pencapaian seperti sekarang ini,” ujar Hian Tjen.

‘The Seeds’ atau benih merupakan metafora untuk menggambarkan kreativitasnya, sedangkan motif flora yang ada di koleksinya menggambarkan perjalanannya di dunia fesyen.

“Ibarat kata menyaksikan benih yang tumbuh menjadi flora indah, di mana itu merupakan posisi saya sekarang yang amat saya syukuri,” lanjutnya.

Peragaan busana bertajuk THE SEEDS oleh Hian Tjen yang berlangsung di Hotel Mulia Jakarta, pada Jumat (21/7/23)Niken Monica Peragaan busana bertajuk THE SEEDS oleh Hian Tjen yang berlangsung di Hotel Mulia Jakarta, pada Jumat (21/7/23)

Didesain dengan teknik bordir yang detail 

Tebaran flora di koleksi ‘The Seeds’ ditata secara dekoratif, diabadikan dengan teknik border yang detail dan rumit pada bahan tulle.

Fashion designer yang pernah merancang gaun pernikahan artis ternama seperti Maudy Ayundya, Eva Celia dan Lesti Kejora ini memang dikenal memiliki karya khas dengan detail rumit yang indah, serta menampilkan desain siluet feminin yang elegan.

Untuk pemilihan warna dalam koleksi ‘The Seeds’, Hian juga menampilkan busana dengan warna-warna yang lembut seperti ungu, pink, hijau olive, putih, abu-abu, biru, peach, yang menimbulkan kesan spektrum dusty (ilusi kesan debu).

“Hal ini terkait dengan flora yang tumbuh di tanah, berbalut debu namun memaparkan formasi warna cantik yang down-to-earth,” ujar Hian Tjen.

Selain bordir, Hian Tjen juga bermain pleats yang di susun vertikal maupun dengan cara dilipit satu per satu dengan tangan.

Secara garis besar, koleksi ‘THhe Seeds’ menampilkan karya yang sangat indah, dengan sentuhan kesan romantis, lembut, serta elegan.

Baca juga: Luncurkan JMFW 2024, Mendag: Indonesia Siap Jadi Trendsetter Fesyen Muslim Dunia

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com