Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gejala Penyakit Lyme Seperti yang Dialami Bella Hadid

Kompas.com - 07/08/2023, 08:42 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber Today

 

KOMPAS.com - Model Bella Hadid mengungkapkan perjuangan panjangnya untuk sembuh dari penyaki Lyme yang dideritanya selama hampir 15 tahun.

Unggahan model berusia 26 tahun di akun Instagramnya itu mendapat banyak komentar bernada dukungan. Pencarian informasi tentang penyakit ini juga melonjak di mesin pencari Google.

Penyakit lyme merupakan infeksi bakteri yang biasanya terjadi setelah gigitan kutu yang membawa bakteri borrelia. Kutu ini sering ditemukan di daerah berumput atau hutan.

Gigitan kutu itu mirip dengan gigitan nyamuk yang meninggalkan bekas kemerahan kecil dan gatal di kulit.

Menurut Pusat Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Amerika (CDC), penyakit Lyme termasuk dalam penyakit yang ditularkan kutu yang sering ditemui.

Pada Juni 2022 BMJ Global Health melakukan studi tentang penyakit ini dan mengungkap 14 persen populasi dunia mungkin telah terinfeksi. Angka kejadian penyakit Lyme juga naik dalam 20 tahun terakhir.

Penyanyi Justin Bieber juga pernah mengungkap dirinya menderita penyakit ini.

Baca juga: Bella Hadid Ungkap Kondisi Setelah 15 Tahun Berjuang Sembuh dari Penyakit Lyme

Gejala utama

Menurut Mayo Clinic, orang yang terinfeksi akan mengalami beragam jenis gejala dan biasanya muncul dalam tiga tahapan.

Tahap pertama bisa dimulai sekitar 1-30 hari setelah gigitan. Ruam merah di kulit bisa muncul setelah infeksi, terkadang diikuti dengan demam, sakit kepala, kelelahan, nyeri otot dan sendi, serta pembengkakan kelenjar getah bening.

Jika orang yang terinfeksi tidak mendapat pengobatan, gejalanya bisa meningkat ke tahap dua dan tiga, yang menyebabkan kebas, detak jantung tak teratur, serta nyeri saraf.

Bella Hadid juga diketahui mengalami gejala-gejala tersebut. Dalam unggahannya ia juga menyertakan foto rekam medis dari tahun 2013 yang menunjukkan beberapa gejala yang dialaminya seperti rasa lelah, nyeri otot, dan nyeri sendi.

Penyakit Lyme biasanya ditemukan dalam satu keluarga. Demikian juga dengan keluarga Hadid, di mana Anwar Hadid (24) dan Yolanda Hadid (59) juga terkena penyakit ini.

Baca juga: Apa Saja Penyakit yang Disebabkan oleh Gigitan Kutu?

Sang ibu, Yolanda, beberapa kali mengungkapkan ia sudah menderita penyakit Lyme saat menjadi pemeran di "Real Housewives of Beverly Hills".

"Sangat umum jika beberapa anggota keluarga terkenya penyakit lyme. Anak-anak dan saya tinggal di peternakan kuda di Santa Barbara selama 10 tahun dan menghabiskan banyak waktu di luar ruangan," kata Yolanda dalam blog-nya.

Ia mengatakan putrinya harus berjuang dengan beberapa gejala penyakit Lyme yang kronik, sementara putranya masih menjalani pengobatan infus Ozone dan sekarang sudah sukses.

Pengobatan standar untuk penyakit Lyme adalah antibiotik. Saat ini para ahli sedang meneliti calon vaksin penyakit ini.

Baca juga: Bella Hadid Rendam Wajahnya di Es Tiap Pagi, Apa Manfaatnya?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Artikel ini merupakan bagian dari Lestari KG Media, sebuah inisiatif untuk akselerasi Tujuan Pembangunan Berkelanjutan. Selengkapnya

A member of
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com