Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 10/08/2023, 07:00 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Istilah self healing mungkin sudah tak asing di telinga kita, apalagi sekarang ini kegiatan jalan-jalan atau liburan sering disebut sebagai salah satu cara untuk "healing". 

Self healing alias penyembuhan diri sendiri merupakan proses pemulihan dari stres atau depresi, serta strategi untuk meningkatkan kesejahteraan mental.

Self healing bisa saja dibutuhkan oleh semua orang, terlepas dari apakah mereka menghadapi tantangan emosional atau fisik tertentu. Apalagi kesejahteraan mental dan emosional dapat memengaruhi kesehatan fisik, hubungan, pekerjaan, dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Memulihkan diri dari rasa capek psikis ternyata tak harus berupa jalan-jalan atau nongrong ke cafe. Cara healing bermacam-macam, sesuai kemampuan, kesukaan, dan kebutuhan pribadi masing-masing.

Baca juga: 5 Tips Self Healing Murah, Tidak Perlu Mengeluarkan Uang Banyak

Teknik self healing menurut pakar psikologi

  • Self healing dengan welas asih

Seringkali kita lebih keras terhadap diri kita sendiri daripada orang lain. Kita bahkan mungkin marah pada diri sendiri karena tidak mampu mengatasi rasa sakit hati atau penolakan di masa lalu.

Namun sikap seperti itu hanya mempersulit tubuh dan pikiran kita. Pahami bahwa setiap orang tentu pernah merasa gagal dan kecewa, bahkan orang yang kita anggap sukses sekalipun. Hadapi perasaan itu dengan tegar dan terima dengan baik. Tak perlu menyalahkan diri terus menerus.

Itulah mengapa belas kasihan diri dapat menjadi cara yang baik untuk mulai mencintai diri sendiri dan berakhir pada penyembuhan diri. 

  • Self healing dengan tidur

Kita seringkali memprioritaskan untuk menyelesaikan pekerjaan bahkan menyempatkan diri untuk berolahraga di malam hari setelah bekerja.

Padahal, kurang tidur bisa menyebabkan peningkatan pada kadar hormon stres seperti norepinefrin dan epinefrin. Hormon-hormon ini dapat membuat kita merasa lebih cemas dan kelelahan.

Hal ini membuat tidur menjadi sangat penting untuk self healing.

Bekerja terlalu keras ditambah berolahraga setelah melalui sederet pekerjaan hanya akan menambah daftar pekerjaan yang harus dilakukan oleh tubuh. Jika kita kurang beristirahat, kita semakin menyakiti tubuh kita.

Baca juga: Psikolog Ungkap Cara Memulai Self Healing agar Kesehatan Mental Pulih

  • Self healing dengan meditasi

Meditasi dengan mindfulness melibatkan kesadaran penuh terhadap apa yang terjadi di saat ini, tanpa terjebak dalam perasaan khawatir tentang masa depan atau perasaan menyesal tentang masa lalu.

Ini membantu kita merasakan hidup dengan lebih intens dan mengalami momen-momen dengan lebih bermakna.

  • Self healing dengan melakukan aktivitas

Beberapa aktivitas yang dapat dilakukan untuk self healing seperti relaksasi dengan memvisualisasikan diri dalam ruang yang santai untuk menenangkan tubuh dan pikiran.

Selain itu, kita juga bisa mendengarkan musik yang menenangkan untuk membantu mengurangi stre dan menciptakan suasana yang hati yang lebih baik.

Mengurangi makanan yang tidak sehat dan membuat jurnal rasa syukur juga bisa dilakukan untuk membantu menangkal emosi negatif.

Baca juga: 5 Teknik Pernapasan Mindfulness, Bisa Dilakukan di Mana Saja

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com