Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wajib Tahu, Manfaat Ubi Ungu untuk Kesehatan Tubuh

Kompas.com - 11/08/2023, 05:17 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber WebMD

KOMPAS.com - Ubi ungu berasal dari keluarga Dioscoreaceae. Ubi jenis ini berasal dari Afrika dan Asia yang biasa tumbuh dengan baik di daerah tropis dan subtropis.

Ubi ungu ini merupakan salah satu dari lebih 600 spesies ubi, tetapi hanya 15 hingga 20 yang dapat dimakan.

Ubi ungu dapat dibuat menjadi bubuk atau pasta yang biasanya digunakan untuk mewarnai kue-kue manis, roti, dan makanan panggang lainnya. Ketika dimasak atau dijadikan bubuk, ubi ungu adalah sumber vitamin dan antioksidan yang baik.

Selain itu, ubi ungu juga bagus untuk tambahan menu diet. Kita bisa memakan ubi ungu ini dengan berbagai cara penyajian, seperti memanggangnya, menambahkannya ke dalam sup, atau memasukkannya ke dalam smoothie.

Baca juga: 5 Olahan Ubi Ungu yang Lezat, Tertarik Mencoba?

Manfaat ubi ungu untuk kesehatan

Mengonsumsi ubi ungu memiliki banyak manfaat bagi kesehatan. Ubi ungu merupakan sumber protein, vitamin C, beta karoten yang baik dan kaya akan antosianin.

Salah satu manfaat kesehatan terbesar dari ubi ungu adalah tingkat antosianinnya yang tinggi. Antosianin adalah pigmen yang larut dalam air berwarna ungu yang juga ditemukan pada buah beri, anggur, dan beberapa buah tropis.

Antosianin memiliki banyak khasiat penyembuhan dan pencegahan seperti:

  • Diabetes
  • Kanker
  • Peradangan
  • Infeksi mikroba
  • Obesitas
  • Penyakit kardiovaskular

Meski begitu, ubi ungu bukan ditujukan untuk obat dari penyakit tersebut. Namun, ubi ungu bagus untuk mengurangi risiko terkena penyakit-penyakit tersebut.

Selain dagingnya, kulit ubi ungu juga mengandung beta karoten yang tinggi. Ini adalah nutrisi yang diubah menjadi vitamin A oleh tubuh. Fitokimia ini berperan dalam meningkatkan kesehatan secara keseluruhan dan mencegah penyakit.

Tak hanya itu, ubi ungu telah terbukti dapat mengatur metabolisme dan meningkatkan fungsi jantung. Makan makanan yang seimbang dengan ubi ungu dapat membantu mengontrol berat badan dan meningkatkan kadar kolesterol baik.

Baca juga: 5 Tips Beli Ubi Ungu yang Manis, Tekan Bagian Ujungnya

Selain itu, ubi ungu juga terbukti mengurangi lemak di hati dan memperbaiki sekum dan usus besar setelah seseorang makan makanan berlemak.

Ubi ungu meningkatkan kesehatan usus dengan meningkatkan bakteri baik dalam perut. Dengan metabolisme yang teratur dan kesehatan usus yang lebih baik, kita akan merasa lebih baik secara keseluruhan.

Namun, jika mengalami masalah dengan perut atau usus besar, kita perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mengkonsumsi ubi ungu. Mereka akan dapat membantu menemukan rencana perawatan yang tepat untuk tubuh.

Kita juga dapat berbicara dengan ahli gizi tentang tubuh dan masalah lain yang mungkin kita miliki. Mereka dapat membantu kita menciptakan diet seimbang yang sesuai.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com