Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips Sederhana Mengobati Sengatan Lebah dan Tawon

Kompas.com - 12/08/2023, 18:52 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pernah tersengat lebah atau tawon? Saat disengat lebah atau tawon biasanya seseorang akan merasakan sakit, berdenyut dan nyeri, serta kemerahan di area yang terkena sengatan.

Gejala ini biasanya tidak akan lama, kecuali jika seseorang yang disengat memiliki alergi. Dalam hal pengobatan, sengatan lebah, tawon, dapat ditangani dengan cara yang sama kecuali jika orang tersebut memiliki alergi tertentu.

Berikut langkah yang bisa dilakukan setelah tersengat serangga.

Baca juga: Kenapa Sengatan Lebah Sangat Menyakitkan?

Lepaskan penyengat

Spesialis pengobatan darurat, Baruch Fertel mengatakan jangan bingung tentang bagaimana cara mencabut penyengat. Lakukan saja dengan cepat. Semakin cepat penyengat dicabut maka semakin sedikit racun yang dipompa lebah atau tawon ke dalam luka.

Selain itu, dengan mencabutnya dengan cepat hal ini akan membantu mengurangi efek samping sengatan dan mengurangi risiko syok anafilaksis jika kita punya alergi.

Kompres dingin area yang sakit

Langkah selanjutnya adalah mengompres bagian yang sakit dengan kompres dingin. Kita dapat menggunakan kompres es yang dibungkus dengan handuk.

Tahan kompres dingin di area tersebut selama sekitar 20 menit dan tinggikan area tersebut untuk membantu mengurangi pembengkakan.

"Saya akan menganjurkan untuk mencuci area tersebut dengan sabun dan air dan merendamnya jika memungkinkan. Hal ini dapat mengurangi pembengkakan atau risiko infeksi,” ujar Fertel.

Minum antihistamin dan pereda nyeri

Jika sengatan mengalami pembengkakan atau gatal-gatal, mengonsumsi antihistamin juga dapat membantu. Selain itu, kita juga dapat mengonsumsi obat pereda nyeri seperti ibuprofen untuk membantu mengurangi rasa tidak nyaman.

Baca juga: Tawon Vespa Affinis, Berbahaya dan Mematikan

Sengatan lebahfotojog Sengatan lebah

Tips mencegah sengatan lebah atau tawon di kemudian hari

Jangan menyimpan makanan

Penyebab utama yang bisa menarik serangga adalah makanan. Pasalnya, serangga tak hanya mengincar makanan manis, tapi juga makanan yang mengandung protein. Jika ingin beraktivitas di luar, cobalah untuk tidak menyimpan makanan di dekatmu.

Meski begitu, jika berencana untuk membawa makanan ke luar, cobalah tutup makanan, bersihkan semua piring kotor yang digunakan, dan angkat makanan segera setelah makan.

Hindari wewangian beraroma bunga

Meskipun tidak ada makanan, mungkin ada penyebab lain mengapa lebah mengerumuni kita. Produk beraroma bunga atau buah seperti lotion, parfum, dan perawatan rambut menarik perhatian serangga yang sedang mencari nektar.

Cobalah jauhkan produk-produk yang berbau seperti bunga pada hari-hari ketika akan pergi piknik di luar rumah.

Kenakan baju panjang dan terang

Pakaian merupakan garis pertahanan terakhir untuk menghindari sengatan lebah. Cobalah untuk menggunakan baju panjang dan sepatu berujung tertutup agar serangga tidak hinggap di kulit.

Selain itu, warna-warna cerah juga bisa menghindari dari sengatan lebah dan tawon. Warna merah bisa menjadi pilihan, pasalnya lebih tidak bisa melihat warna ini. Hindari warna-warna ungu dan biru.

Baca juga: 6 Tips Agar Terhindar dari Sengatan Lebah

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com