Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 14/08/2023, 21:11 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kado berupa perhiasan dapat diberikan sebagai bentuk kasih sayang, sekaligus dapat dijadikan sebagai tabungan untuk masa depan.

Tak hanya diberikan pada orang dewasa, kini perhiasan juga dapat menjadi hadiah spesial untuk si kecil terutama saat merayakan berbagai momen istimewa.

Namun, tidak seperti perhiasan untuk orang dewasa, memilih perhiasan anak diperlukan beberapa pertimbangan tersendiri demi menjaga kenyamanan dan keamanan si kecil saat mengenakan perhiasannya.

"Koleksi perhiasan seperti gelang, kalung dengan inisial nama anak atau anting bisa dijadikan hadiah yang sempurna. Hadiah perhiasan itu juga dapat membuat si kecil tampil lebih modis," kata Vina Kwan, founder Luxmatters Kids dalam keterangan yang diterima Kompas.com.

Berikut pertimbangan saat memilih perhiasan untuk si kecil, mulai dari kadar emasnya hingga perhiasan yang nyaman dipakai anak-anak.

Baca juga: Tip Memakai Perhiasan Emas Putih agar Terlihat Standout 

1. Kadar emas 18K

Material perhiasan dengan kadar emas 18 K (karat) dikatakan menjadi yang paling ideal untuk si kecil.

Kadar emas 18 karat biasanya terdiri dari 75 persen kandungan emas murni dan 25 persen campuran logam lainnya.

Kombinasi ini cenderung lebih tahan terhadap perubahan dan reaksi kimia daripada emas murni (24 karat).

2. Pilih perhiasan dengan bentuk yang nyaman untuk anak

Saat memberikan perhiasan kepada anak sebagai kado, lebih baik pilih bentuk perhiasan yang nyaman.

"Pilih jenis perhiasan yang tidak hanya indah tetapi juga nyaman dan aman dikenakan,” tutur Vina.

Misalnya pada perhiasan berupa anting dengan screwback system yang membuat anting lebih aman dan tidak mudah lepas sehingga tidak mengganggu aktivitas si kecil.

Selain itu, berlaku juga untuk produk lainnya seperti kalung dan gelang yang dibuat tanpa bagian ujung yang runcing, sehingga akan lebih aman ketika digunakan oleh si kecil.

Baca juga: Tabir Surya Bisa Bikin Kilau Perhiasan Memudar dan Kusam 

Ilustrasi perhiasan anakDok. Luxmatters Kids Ilustrasi perhiasan anak

3. Pilih perhiasan yang bisa disesuaikan dengan pertumbuhan anak

Dengan pertumbuhan yang cepat dan berbeda-beda pada setiap anak, tidak sedikit perhiasan yang dimiliki anak saat masih kecil tidak cocok ketika mereka tumbuh lebih besar baik dari segi ukuran hingga modelnya.

Hal ini sangat disayangkan, sehingga pemilihan perhiasan yang long-lasting menjadi sangat penting. Maka dari itu, perhiasan anak yang dapat disesuaikan ukurannya bisa menjadi pilihan.

"Beberapa perhiasan seperti kalung dan gelang yang dapat disesuaikan panjangnya sesuai pertumbuhan anak bisa membuat mereka tetap menggunakan perhiasan itu dari bayi hingga dewasa," lanjut Vina.

4. Pilih bentuk yang sesuai dengan imajinasinya

Hal yang tak kalah penting saat membeli perhiasan untuk anak adalah memilih bentuk yang menarik sesuai dengan imajinasi anak.

Misalnya beberapa bentuk perhiasan yang masih relevan dengan dunia dan imajinasi anak-anak mulai dari bentuk bunga, bulan, bintang, pita, dan lain-lain.

Pemilihan perhiasan dengan aksen enamel warna-warna yang disukai anak juga bisa membuat si kecil lebih senang dan terkesan dengan kado yang orangtua berikan.

Baca juga: Grain de Cafe, Perhiasan Bermotif Biji Kopi nan Indah dari Cartier 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com