Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iriana Jokowi Tampil Beda dengan Kostum Tari Legong Bali di Upacara HUT RI 2023

Kompas.com - 17/08/2023, 14:29 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ibu Negara, Iriana Jokowi tampil beda mengenakan busana adat Bali dalam upacara HUT ke-78 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Di saat Presiden Joko Widodo memilih baju adat Ageman Songkok Singkepan Ageng dari Keraton Surakarta, Jawa Tengah, Iriana justru mengenakan kostum tari legong khas Bali yang didominasi nuansa hijau, emas dan kuning.

Baca juga: Momen Iriana, Pasukan TNI-Polri, dan Helikopter Joget Gemu Fa Mi Re di Istana 

Ya, tari legong merupakan salah satu warisan budaya populer di Bali, terutama di daerah Ubud, hingga Gianyar. Nama legong sendiri terdiri dari dua kata berupa leg yang artinya luwes dan gong bermakna gamelan.

Maka dari itu, kata legong mempunyai arti gerak yang terikat atau terpengaruh oleh iringan gamelan.

Terlepas dari maknanya, kostum tari legong seperti yang dikenakan Ibu negara juga tak kalah ikonik.

Ibu Negara Iriana Joko Widodo bergoyang saat penampilan Gemu Fa Mi Re dance oleh tim helikopter pegasus dalam upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).YouTube.com/Sekretariat Presiden Ibu Negara Iriana Joko Widodo bergoyang saat penampilan Gemu Fa Mi Re dance oleh tim helikopter pegasus dalam upacara peringatan kemerdekaan Republik Indonesia di Istana Merdeka, Jakarta, Kamis (17/8/2023).

Melihat detail kostum tari legong yang dikenakannya, kostum tersebut sangat kental dengan ciri khas hiasan kepala berwarna emas atau yang biasa disebut gelungan.

Iriana memakai gelungan yang dihiasi dengan bunga kamboja serta pulasan make up yang agak lebih bold untuk menyeimbangkan penampilannya.

Kemudian pada penghias luaran baju lengan panjang berwarna hijau, tampilannya dibalut oleh baju prada, yaitu penutup dada yang membungkus bagian atas dan ditutupi dengan kain Prada yang dibiarkan menggantung di area dada.

Kain lamak berwarna kuning juga dikenakan Iriana yang merupakan kemben bagi para penari yang dicetak dan dibuat melalui proses rumit.

Kain lamak ini menjuntai dari bagian perut hingga menutupi bawahan kain sarung Bali yang dikenakannya sebagai rok panjang.

Penampilan Iriana juga tak kalah meriah dengan berbagai aksesori pelengkap berupa gelang kana di lengan kiri dan kanan, ampok-ampok atau sabuk dari kulit berukir hingga aksesori wajib kostum yaitu kipas.

Mulai dari atas sampai bawah, tampilan Iriana Jokowi ini cukup berbeda dari yang lain dan menambah keunikan tersendiri di tengah tamu undangan yang hadir pada upacara HUT ke-78 RI.

Baca juga: Terima Bintang Adiprana dari Pemerintah, Iriana: Pak Jokowi Enggak Cerita 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com