Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Efek Samping Menghilangkan Bulu Tubuh dengan Laser

Kompas.com - 22/08/2023, 17:41 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

Sumber Healthline

KOMPAS.com - Bagi seseorang yang memiliki bulu tubuh mungkin mencukur sudah menjadi rutinitasnya. Namun, pernahkah kalian tertarik untuk mencoba menghilangkan bulu tubuh menggunakan teknologi laser?

Secara umum, bagi kebanyakan orang, prosedur penghilangan bulu tubuh menggunakan laser ini dianggap aman dan tidak menimbulkan efek samping jangka panjang.

Namun, perdebatan mengenai efek samping dari teknik menghilangkan bulu tubuh ini mulai mencuat dengan dasar yang kuat.

Sebelum memutuskan untuk menggunakan laser, sebaiknya pertimbangkan hal berikut.

Baca juga: 8 Fakta Unik Seputar Rambut di Bagian Tubuh

Efek samping ringan yang sering terjadi

Teknik penghilangan bulu tubuh menggunakan laser melibatkan penerapan laser berukuran kecil namun dengan panas yang tinggi. Setelah prosedur, bisa saja terjadi efek samping sementara yang disebabkan oleh laser tersebut.

Kemerahan dan iritasi

Penggunaan teknologi laser untuk menghilangkan bulu tubuh dapat menyebabkan sedikit gangguan sementara pada kulit. Area yang telah dilaser ini mungkin akan terasa agak merah dan sedikit membengkak.

Fenomena ini mirip dengan sensasi yang bisa dialami setelah melakukan penghilangan bulu dengan metode lain seperti waxing.

Dalam banyak kasus, dokter kulit akan mengaplikasikan obat bius topikal sebelum prosedur untuk mengurangi efek tersebut. Meski begitu, Iritasi ini umumnya akan mereda dalam beberapa jam setelah prosedur.

Setelah melakukan laser kita bisa mencoba mengompres area tersebut dengan es untuk meredakan pembengkakan dan rasa tidak nyaman.

Namun, jika gejala terasa semakin parah daripada sekadar iritasi ringan atau jika efek sampingnya semakin buruk, sebaiknya konsultasikan kepada dokter.

Perubahan pigmentasi

Pasca perawatan laser, mungkin akan melihat perubahan sedikit dalam warna kulit, mungkin lebih gelap atau lebih cerah dari biasanya. Bagi mereka dengan kulit terang, mungkin terlihat bintik-bintik yang lebih gelap setelah menggunakan penghilang bulu tubuh ini.

Sedangkan untuk mereka dengan kulit gelap, mungkin terlihat bintik-bintik yang lebih cerah dari warna kulit sekitarnya akibat prosedur ini. Meskipun seperti iritasi kulit, perubahan warna ini bersifat sementara dan biasanya tidak perlu dikhawatirkan.

Baca juga: Cara Membuat Sugar Wax Sendiri, Penghilang Bulu Tubuh Alami

Efek samping parah yang jarang terjadi

Jarang sekali, penggunaan laser untuk menghilangkan bulu bisa menghasilkan efek samping yang lebih serius. Risiko ini meningkat apabila kita menggunakan peralatan laser di rumah atau mencari perawatan dari penyedia jasa yang tidak memiliki pelatihan dan sertifikasi.

Efek samping yang jarang terjadi pada penghilangan bulu tubuh dengan laser meliputi:

  • Pertumbuhan rambut berlebihan di area yang diobati: Kadang-kadang efek ini disalahartikan sebagai pertumbuhan rambut setelah prosedur.
  • Perubahan pada tekstur kulit secara menyeluruh: Risiko ini lebih serius jika kita baru saja terpapar sinar matahari.
  • Terbentuknya jaringan parut: Ini paling umum pada orang yang memiliki kecenderungan untuk bekas luka.
  • Lepuh dan pengerasan kulit: Efek ini bisa disebabkan oleh paparan sinar matahari terlalu cepat setelah prosedur.

Baca juga: Benarkah Pria dengan Bulu Tubuh Lebat Lebih Menggairahkan?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com