Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Melakukan Waxing untuk Hilangkan Bulu yang Pendek

Kompas.com - 19/08/2023, 08:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Waxing menjadi salah satu cara yang banyak dilakukan orang untuk menghilangkan bulu atau rambut di area tubuh tertentu.

Kendati demikian, sebelum melakukan waxing, kita juga perlu mempersiapkan beberapa hal, termasuk panjang bulu yang hendak dihilangkan.

Berikut adalah semua hal yang perlu diketahui tentang waxing bulu pendek, mulai dari kategori bulu hingga tips dan teknik untuk menjaga kulit tetap lembut.

Seberapa panjang bulu jika ingin waxing?
Melakukan waxing pada bulu yang pendek bisa menjadi sebuah tantangan. Setidaknya, bulu kita harus memiliki panjang sekitar 0,5–2 cm agar proses waxing dapat berjalan secara efektif.

Jika lebih pendek, mungkin akan berhasil atau tidak berhasil dihilangkan. Dan tergantung pada jenis wax yang digunakan oleh ahli atau seberapa terampilnya mereka, kita mungkin akan ditolak jika rambut tidak cukup panjang.

Baca juga: Antara Baik dan Buruk: Mengenal Lebih Dalam Waxing

Apabila kita melakukan waxing di rumah dan tidak yakin apakah bulu cukup panjang, ada beberapa saran yang bisa diterapkan.

"Aturan praktis yang baik, jika kita ingin melakukan waxing, maka kurang lebih bulu yang dicabut harus sepanjang bulu mata agar waxing lebih efektif," kata ahli waxing sekaligus pendiri QB Skincare dan Queen Bee Salon & Spa, Jodi Shays.

"Lebih tepatnya, 0,5–2 cm adalah panjang yang akan memberikan hasil waxing terbaik. Jika rambut lebih pendek, maka akan lebih sulit bagi wax untuk mencengkeramnya," jelasnya.

Seberapa sukses tindakan waxing pada bulu pendek juga akan tergantung pada ketebalannya.

Cara melakukan waxing bulu yang pendek
Melakukan waxing sendiri bisa jadi sulit, dan mencoba menghilangkan bulu yang lebih pendek akan membuatnya lebih rumit.

Tidak semua wax dibuat sama. Ini bukan waktunya untuk menggunakan wax dingin atau strip wax yang sudah jadi, karena produk ini tidak dapat mengangkat semua bulu, terutama jika ukurannya tebal.

Tetapi, jika kita harus melakukannya, kita harus menggunakan wax profesional yang panas.

Baca juga: Cara Membuat Sugar Wax Sendiri, Penghilang Bulu Tubuh Alami

Meskipun wax biasanya diaplikasikan searah dengan arah tumbuhnya bulu dan dihilangkan dengan arah yang berlawanan, kita dapat menghilangkan lebih banyak bulu jika mengaplikasikan wax (strip atau tanpa strip) berlawanan dengan arah tumbuhnya bulu.

Lalu dengan arah tumbuhnya bulu, tanpa menghentikan atau mengambil aplikator, bekerja dengan cepat.

"Ketika saya melatih para ahli waxing, saya bersikeras agar bulu yang lebih pendek harus dihilangkan dengan teknik yang lebih kecil dan lebih disengaja," ungkap Shays.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com