Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 16/06/2023, 23:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Byrdie

KOMPAS.com - Bagi beberapa orang, memiliki bulu atau rambut di sekitar area perut dapat mengganggu penampilan mereka.

Jika kita merasa bahwa bulu yang tumbuh di bagian perut membuat kita merasa tidak nyaman, maka kita bisa melakukan waxing agar perut kita terbebas dari bulu-bulu halus selama berminggu-minggu.

Tapi, sebelum mulai melakukan waxing sendiri di rumah, ada hal-hal yang perlu kita ketahui untuk memastikan prosesnya berjalan dengan lancar dan aman, seperti berikut ini.

Peralatan yang dibutuhkan

Ada pun peralatan yang dibutuhkan untuk melakukan waxing di bagian perut meliputi lilin waxing, pembersih pra-waxing, dan bedak khusus untuk waxing atau tepung jagung.

Juga diperlukan potongan kain muslin atau pellon, aplikator, penghilang lilin untuk kulit, dan losion atau gel berbahan dasar lidah buaya.

Baca juga: 7 Jenis Lilin Waxing yang Perlu Diketahui

Peralatan waxing ini bisa dibeli di toko kecantikan lokal atau secara online.

Tapi, jika kita ingin yang lebih praktis, kita bisa menggunakan strip wax yang sudah jadi, meski itu mungkin sedikit kurang efektif.

Selain itu, sebelum melakukan waxing, kita juga harus memiliki rambut yang cukup, yakni sekitar 0,5–2 cm.

Apabila rambut lebih panjang, maka harus dipangkas hingga sepanjang itu dengan menggunakan gunting elektrik demi menjaga rambut tetap rata.

Cara melakukannya

Pertama-tama, pastikan semua yang digunakan untuk melakukan waxing dalam keadaan bersih dan sehat, termasuk tangan kita.

Gunakan sarung tangan, karena dengan memakainya akan membuat seluruh proses tidak terlalu berantakan dan lebih higienis.

Baca juga: Seberapa Sering Kita Perlu Melakukan Waxing? Ini Saran Ahli

Selain itu, jangan menyentuh area yang tidak perlu setelah melakukan waxing, karena kita tidak ingin menyebarkan bakteri yang dapat menyebabkan jerawat.

Setelah semua dipastikan bersih, kita dapat memulainya dengan menggunakan pembersih pra-waxing dan oleskan sedikit bedak tabur.

Namun, jangan terlalu banyak menggunakan bedak, karena lebih banyak tidak lebih baik.

Kemudian, uji panas lilin di bagian dalam pergelangan tangan. Lilin yang terlalu panas akan membakar kulit dan lilin yang tidak cukup hangat tidak akan menyebar dengan mudah.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com