Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kemasan Plastik The Body Shop Indonesia Diubah Menjadi Kaki Palsu

Kompas.com - 23/08/2023, 08:11 WIB
Wisnubrata

Editor

KOMPAS.com – Bertepatan dengan Hari Kemanusiaan Internasional yang jatuh setiap tanggal 19 Agustus, The Body Shop Indonesia menyerahkan donasi dengan nilai Rp 521 juta yang terkumpul melalui program donasi konsumen kepada Impact Partners yaitu WeCare.id dan Yayasan Kaki Kita Sukasada (YKKS) untuk pembuatan kaki palsu bagi teman disabilitas.

Uniknya, bahan baku pembuatan kaki palsu ini didapatkan dari kemasan plastik produk The Body Shop yang dikembalikan konsumen dalam program Bring Back Our Bottles.

Langkah ini sebagai bentuk komitmen brand perawatan tubuh tersebut untuk mengedepankan aspek-aspek kemanusiaan, inklusivitas, dan juga kelestarian lingkungan yang berkelanjutan dalam setiap produk yang dihadirkan.

Dikutip dari hasil Survei Angkatan Kerja Nasional (Sakernas) tahun 2020, hanya sekitar 5,79% penyandang disabilitas yang masuk ke Angkatan Kerja. Hal ini menunjukkan bahwa dibutuhkan lebih banyak lagi usaha untuk membantu mereka dapat lebih terintegrasi ke dalam masyarakat sehingga mereka dapat menjadi lebih produktif dan berdaya.

Hal ini juga sejalan dengan aksi Be Seen Be Heard, sebuah kampanye global The Body Shop yang mendukung generasi muda untuk lebih menyuarakan pendapat mereka terhadap isu-isu sosial, kemanusiaan, dan juga lingkungan.

Sulastri, General Manager of Operations The Body Shop Indonesia mengatakan, “Kami sangat senang karena program donasi konsumen melalui kasir di toko-toko kami sejak Maret hingga Juli 2023 sudah selesai dan dapat diserahkan secara resmi kepada Impact Partners hari ini."

"Dana yang diserahkan dan juga sampah kemasan plastik yang dikembalikan oleh konsumen akan diberikan kepada YKKS dan didampingi oleh WeCare.id untuk membantu teman disabilitas mendapatkn kaki palsu agar menjadi lebih percaya diri, produktif, dan mandiri sehingga pada akhirnya mereka dapat terintegrasi dengan baik ke masyarakat."

Dalam mewujudkan tujuannya memproduksi kaki palsu, The Body Shop Indonesia bermitra dengan WeCare.id yang akan memfasilitasi pendampingan dan mentoring Yayasan Kaki Kita Sukasada (YKKS) dalam pengembangan organisasi dan membantu menghubungkan YKKS kepada calon penerima manfaat kaki palsu plastik.

Sementara YKKS akan memproduksi kaki palsu plastik bersama unit usahanya yaitu KarFa (Karya Difabel), dimana sebagian dari karyawannya juga termasuk penyandang disabilitas. YKKS juga akan membuat program pemberdayaan disabilitas sehingga membantu para penyandang disabilitas untuk dapat bekerja secara produktif.

Kaki palsu yang diproduksi berasal dari bahan-bahan plastik daur ulang seperti PP, LDPE, dan HDPE yang memiliki tekstur lentur.

Melalui Bring Back Our Bottles, tanggung jawab The Body Shop adalah memastikan setiap kemasan plastik yang dikembalikan dan diserahkan kepada YKKS merupakan bagian dari langkah keberlanjutan yang menciptakan efek ekonomi sirkular sekaligus usaha untuk mengurangi volume sampah plastik.

“Kami senang dapat bermitra dengan The Body Shop Indonesia karena selain membantu memberikan kaki palsu untuk membuat teman-teman disabilitas menjadi berdaya kembali, kami juga menghargai usaha The Body Shop Indonesia yang berkomitmen untuk menjaga kelestarian lingkungan,” ujar Melissa Marsinta Janur, Campaign & Partnership Manager WeCare.id.

Sementara itu, I Made Aditiasthana, Founder Yayasan Kaki Kita Sukasada menyatakan, “Pasien-pasien kami yang diamputasi kakinya karena kondisi diabetes maupun yang cacat bawaan atau karena kecelakaan, akan kami buatkan kaki palsu sehingga mereka bisa menjalankan hidupnya dengan produktif."

"Kami berharap donasi yang diberikan ini dapat terus membantu ketersediaan kaki palsu bagi yang membutuhkan, sehingga mereka dapat terus produktif melalui kreativitas dan karya-karyanya.”

Baca juga: Menengok Gerai The Body Shop yang Terbuat dari Bahan Daur Ulang

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com