Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sheba Hope Reef Ajak Anak Muda Peduli Terumbu Karang

Kompas.com - 28/08/2023, 08:03 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Merek makanan hewan peliharaan, Sheba mengajak generasi muda untuk ikut serta dalam usaha pemulihan terumbu karang di Bontosua, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Dari total 263 calon peserta dari berbagai negara seperti Inggris, Jerman, Amerika Serikat, dan Asia Tenggara, Sheba telah memilih tujuh orang untuk langsung terlibat dalam proyek ini.

Dalam program ini, mereka akan bekerja berdampingan dengan masyarakat setempat, menerima pelatihan khusus mengenai restorasi, dan melakukan upaya pemulihan terumbu karang di wilayah Bontosua.

Baca juga: Cerita Sheba Bentuk Restorasi Terumbu Karang Terbesar di Dunia

Restorasi Terumbu Karang ShebaDok. Sheba Restorasi Terumbu Karang Sheba

Ketujuh orang yang terpilih untuk proyek ini adalah Gita Alisa, Rindah Talitha Vida, Jenny Wakefield, Callum Hobbs, Alif Kazman, dan Katherine Guerrero.

Gita Alisa dan Rindah Talitha Vida merupakan advocate (duta) dari Indonesia yang dipilih langsung sebagai tuan rumah. Mereka adalah seorang ilmuwan muda yang berasal dari kampus Institut Pertanian Bogor, Indonesia.

General Manager Mars Pet Nutrition Indonesia, Susan Wan mengungkapkan bahwa Gita Alisa dan Rindah Talitha Vida dipilih karena pengalaman mereka dalam proyek penelitian restorasi terumbu karang dan dedikasi mereka terhadap pelestarian laut.

“Tindakan mereka sangat penting. Semangat yang muncul dari apa yang ingin mereka lakukan untuk planet ini dan juga ada latar belakangnya. Pastinya dari segi skill, dari segi background universitas dan cara mereka bisa menginspirasi orang lain,” ujar Susan.

Baca juga: 3 Hal yang Paling Merusak Terumbu Karang, Ada Pengeboman

Para peserta mengikuti program pemulihan terumbu karang di Bontosua selama 10 hari.

Dimulai dengan pelatihan virtual pada tanggal 19 Agustus 2023, ketujuh duta ini kemudian bertemu di Bontosua untuk bersama-sama bekerja dengan komunitas lokal dalam usaha pemulihan terumbu karang.

Selanjutnya, mereka juga berperan dalam pemeliharaan terumbu karang yang telah direstorasi untuk memastikan pertumbuhannya optimal di lokasi restorasi.

Kegiatan restrasi di BontosuaDok. Sheba Kegiatan restrasi di Bontosua

Dalam program ini, mereka berhasil memasang 400 struktur "reef star," yakni rangka baja berbentuk bintang yang digunakan sebagai wadah untuk pertumbuhan terumbu karang yang baru.

“Ketika saya menempelkan fragmen karang ke reef stars dan menaruhnya di gugusan karang, hati saya sekejap dipenuhi harapan karena proses pemulihan alami terumbu telah dimulai,” ujar Gita.

Sebelumnya, Sheba telah meluncurkan "Sheba Hope Advocate Program," yang merupakan bagian dari gerakan global untuk pemulihan terumbu karang yang dikenal dengan nama Sheba Hope Grows.

Baca juga: Apa itu Ekosistem Terumbu Karang?

Restorasi Terumbu Karang ShebaDok. Sheba Restorasi Terumbu Karang Sheba

Program Sheba Hope Grows sendiri dimulai sejak tahun 2019 dengan langkah awal membuat konstruksi struktur berukuran 46x14 meter yang membentuk kata H-O-P-E menggunakan terumbu karang yang telah direstorasi.

Struktur ini ditempatkan di wilayah yang sebelumnya telah tandus akibat praktik pengambilan ikan yang merusak di Bontosua.

Langkah ini diambil untuk menciptakan lingkungan yang lebih baik bagi hewan peliharaan, dengan keyakinan bahwa semakin banyak terumbu karang, maka semakin melimpah populasi ikan.

Tentunya, ini juga memiliki dampak positif pada aspek makanan bagi hewan peliharaan di rumah.

Selain itu, gerakan ini juga memiliki tujuan untuk melindungi lingkungan, iklim, dan komunitas lokal.

Baca juga: 3 Fungsi Terumbu Karang sebagai Salah Satu Ekosistem yang Penting

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com