Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

Jangan Salah Pilih, Kenali Jenis Kulit Wajah agar Perawatan Maksimal

Kompas.com - 05/09/2023, 14:03 WIB
Santa Lusiana,
Agung Dwi E

Tim Redaksi

KOMPAS.com – Kulit sehat dan bersih merupakan dambaan setiap orang. Karena itu, banyak orang mengaplikasikan skincare untuk mendapatkannya.

Hanya saja, pemilihan skincare yang tepat dan sesuai dengan jenis kulit ternyata bukan perkara mudah. Terlebih, beragam jenama skincare tersedia di pasaran.

Jika salah memilih, kulit bisa saja mengalami iritasi. Alhasil, hal ini dapat mengurangi kepercayaan diri seseorang.

Agar tepat memilih skincare, Anda perlu menentukan jenis kulit. Umumnya, terdapat empat jenis kulit, yakni kulit normal, kulit kering, kulit berminyak, dan kulit sensitif.

Pemilik kulit normal tak perlu banyak membutuhkan perawatan kulit. Anda cukup menggunakan pembersih, pelembap, dan tabir surya.

Untuk pemilik kulit kering, Anda perlu menggunakan skincare yang berfungsi melembapkan kulit. Hindari menggunakan skincare berbahan dasar alkohol karena dapat memperparah kondisi kulit kering.

Gunakan produk hydrating toner serta skincare dengan tekstur krim atau balm.

Kemudian, pemilik kulit berminyak perlu memilih skincare yang mengandung sedikit minyak. Hal ini dilakukan untuk menghindari komedo, jerawat, dan pori-pori besar yang biasa muncul pada kulit berminyak.

Pilih pula skincare pelembap karena kulit berminyak tetap butuh pelembap. Adapun kulit berminyak biasanya cocok dengan skincare dengan tekstur berbentuk gel.

Selanjutnya, bagi pemilik kulit sensitif, Anda perlu berhati-hati saat menggunakan skincare. Gunakan produk dengan kandungan minim bahan kimia, seperti alkohol, asam glikolik, dan pewangi. Ganti skincare dengan kandungan dasar alami.

Perawatan kulit maksimal

Penentuan jenis kulit akan menentukan skincare yang tepat. Setelah mengetahui, Anda bisa membeli skincare sesuai kebutuhan.

Jangan lupa pula lakukan perawatan kulit secara maksimal dengan tahapan yang tepat. Pada pagi hari, Anda bisa membersihkan wajah, kemudian gunakan toner.

Selanjutnya, aplikasikan serum dan gunakan pelembap. Setelah itu, Anda bisa mengaplikasikan sunscreen untuk melindungi kulit dari sinar ultraviolet (UV).

Pada malam hari, Anda bisa menggunakan micellar water untuk membersihkan wajah dari kotoran dan riasan yang telah dipakai. Setelah itu, Anda bersihkan wajah agar sisa-sisa riasan dan kotoran dapat terangkat.

Kemudian, Anda bisa melakukan eksfoliasi menggunakan scrub wajah. Untuk diketahui, eksfoliasi tidak perlu dilakukan tiap malam. Anda cukup melakukannya 1 hingga 2 kali dalam seminggu.

Halaman:
Baca tentang


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com