Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 15/09/2023, 13:21 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

KOMPAS.com - Seperti halnya membaca atau menulis, mengatur uang juga perlu diajarkan kepada anak-anak sejak kecil.

Terkadang orangtua menghindari membicarakan tentang uang kepada anak-anaknya karena merasa mereka terlalu kecil untuk mengerti.

Tak hanya itu, ada juga orangtua yang menganggap tidak nyaman membahas soal uang dengan anaknya.

Kecerdasan finansial adalah keterampilan yang diperoleh, bukan "bawaan lahir". Uang adalah alat, dan kita bisa menggunakannya secara bijak.

“Uang adalah alat yang membutuhkan pengetahuan agar bisa berfungsi; tidak ada seorang pun yang dilahirkan dengan mengetahui detail cara kerja uang,” kata Kara Perez, seorang pendidik keuangan dan pendiri Bravely Go, perusahaan pendidikan keuangan.

Mengajarkan anak-anak tentang uang bisa dimulai sesederhana membuka perbincangan tentang bagaimana mereka ingin membelanjakan uangnya.

Baca juga: 3 Cara Mengatur Keuangan untuk Generasi Cashless biar Enggak Amburadul

"Membicarakan tetang berapa banyak uang yang boleh dipakai, di mana membelanjakannya, dan dari mana uang itu diperoleh, bisa menjadi titik awal untuk membuka pemahaman mereka dan membuka pintu diskusi selanjutnya sampai mereka besar,"kata Perez.

Nilai uang

Pendiri dan CEO Clever Girl Finance, Bola Sokunbi, menyebut, anak perlu diajarkan nilai uang sehingga mereka bisa memahami cara mendapatkannya, mengaturnya, bahkan menumbuhkan nilainya,"ujarnya.

Orangtua bisa mulai memberikan uang untuk anak kelola. Biarkan mereka belajar dari kesalahannya. Misalnya ketika mereka memakai semua uangnya untuk membeli permen dan tidak ada sisa untuk membeli hal lain.

Praktik kecil sehari-hari sangat bermanfaat untuk mengajarkan anak membuat keputusan yang bijak sehingga kelak mereka sudah terlatih saat harus menghadapi hal yang lebih besar.

Baca juga: Cara Mengajari Anak Menjadi Sosok yang Baik Hati, Sesuai Usianya

"Terkadang hal sederhana seperti mengajak anak belanja bulanan atau ke pasar bisa menjadi cara untuk mengajari mereka," katanya.

Anak juga wajib diajarkan pentingnya menabung untuk menyiapkan diri dalam keadaan darurat atau untuk mencapai tujuan jangka panjang.

Tak kalah penting, ajak anak untuk menikmati uang dengan cara yang sehat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com