Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tas Mewah yang Cocok untuk Investasi, Mana Pilihanmu?

Kompas.com - 23/09/2023, 14:19 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi


KOMPAS.com - Saat ini banyak investasi keuangan yang bisa kita pilih, seperti saham, komoditas, dan properti. Namun, ada cara investasi yang tidak biasa yaitu dengan investasi dalam bentuk tas mewah.

Tas mewah yang langka, mahal, dan memiliki daya tarik yang kuat dalam masyarakat dapat menjadi aset berharga. Hal ini karena tas mewah nilainya cenderung meningkat seiring waktu karena pasokannya terbatas dan permintaannya tinggi.

Namun, tentu saja hanya sedikit tas yang memenuhi syarat sebagai 'tas investasi'. Berikut adalah lima tas yang bisa dipertimbangkan jika kamu ingin memulai investasi dalam bentuk tas.

Hermès Birkin

Hermès BirkinHermes.com Hermès Birkin

Tidak perlu diragukan, jika kita ingin membeli tas untuk investasi pilihan terbaik adalah Hermès Birkin.

Tas ini sangat terkenal dan dihargai karena sejarahnya yang unik, hubungannya dengan Jane Birkin, dan kemewahan serta kelangkaannya.

Tas ini disebut tercipta dalam sebuah pertemuan yang tidak disengaja antara Jane dan Jean-Louis Dumas, ketua Hermès pada saat itu.

Setelah tidak sengaja menumpahkan isi keranjang jeraminya yang sering ia gunakan sebagai tas tangan, Jane memulai percakapan dengan Dumas dan menceritakan rasa frustasinya karena tidak dapat menemukan tas yang cukup besar untuk memenuhi kebutuhannya.

Tas Birkin kemudian dirancang berdasarkan kebutuhan tersebut dan akhirnya mulai dipasarkan pada tahun 1984 dengan harga sekitar 2.000 dolar AS atau sekitar Rp 30 juta.

Namun, nilainya sekarang jauh lebih tinggi dengan beberapa edisi langka seperti Diamond Himalaya Niloticus Birkin 30 yang dijual oleh Sotheby's pada tahun 2022 mencapai lebih dari 450.000 dolar AS, sekitar Rp 6 miliar dalam pasar penjualan kembali.

Baca juga: Memahami Psikologi di Balik Kegemaran Mengoleksi Tas Mewah

Hermès Kelly

Hermès KellyHermes.com Hermès Kelly

Tas Hermès Kelly memiliki sejarah yang panjang dan erat dengan warisan rumah mode Prancis.

Awalnya diperkenalkan sebagai tas Haut à courroies pada tahun 1892, tas ini awalnya dirancang untuk membawa peralatan berkuda dan kemudian mengalami berbagai evolusi sebelum menjadi Kelly yang kita kenal sekarang.

Pada tahun 1928, Robert Dumas merancang versi lebih elegan yang dapat digunakan sebagai koper, yang disebut Sac à Dépêches atau 'tas pengiriman', dengan bentuk trapesium yang menjadi ciri khasnya.

Namun, kepopuleran yang luar biasa datang ketika Grace Kelly, Putri Monako, memakainya dalam film To Catch A Thief karya Alfred Hitchcock, dan menyembunyikan kehamilannya dengan tas ini.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com