Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 25/09/2023, 13:07 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber realsimple

KOMPAS.com - Sakit perut adalah masalah kesehatan umum yang dapat dialami siapa saja dan kapan saja. Tentu saja hal ini sangat tidak nyaman dan mengganggu aktivitas.

Terkadang kita tidak perlu bergantung pada obat-obatan untuk meredakan gangguan perut seperti perut kembung, sembelit, atau mual.

Dokter spesialis penyakit dalam di Birmingham, Alabama, Sandra Dalton-Smith mengatakan pengobatan alami bisa menjadi pilihan pertama yang baik ketika kita mengalami sakit perut ringan.

Berikut adalah delapan pilihan rempah yang bisa jadi obat alami yang layak dicoba.

Baca juga: 5 Hal untuk Menghindari Perut Kembung

Jahe

Jahe sudah lama dikenal sebagai obat alami untuk mengatasi mabuk laut. Tak hanya itu, ternyata jahe juga sangat berguna untuk meredakan sakit perut.

"Jahe memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi yang membantu mengurangi produksi asam lambung berlebihan yang bisa menyebabkan mual dan gangguan pencernaan. Dengan meningkatkan penyerapan makanan di perut, jahe juga membantu memperbaiki proses pencernaan," jelas Sandra.

Kita bisa mendapatkan manfaat jahe untuk mengatasi sakit perut dengan mengunyah permen pelega tenggorokan jahe atau menambahkan jahe segar ke dalam teh.

Baca juga: 5 Hal yang Membuat Perut Sakit Sesudah Makan

Dokter Elena A. Ivanina dari RS Lenox Hill di New York City, menyarankan untuk minum teh jahe, terutama saat mengatasi mual di pagi hari selama kehamilan.

Untuk membuatnya, cukup kupas dan iris dua inci akar jahe segar, lalu tambahkan ke dalam panci berisi air. Didihkan selama 10 menit, saring, dan biarkan hingga mencapai suhu ruangan sebelum diminum.

Teh chamomile hangat adalah salah satu minuman untuk mengobati panas dalam saat penyakit kambuh.iStockphoto/AntonioGuillem Teh chamomile hangat adalah salah satu minuman untuk mengobati panas dalam saat penyakit kambuh.

Chamomile

Chamomile memiliki sifat anti-inflamasi yang membantu merelaksasi otot-otot dalam saluran pencernaan dan mengurangi kontraksi yang terjadi saat mengalami sakit perut.

Untuk mendapatkan manfaat dari chamomile ini kita bisa menyeduhnya sebagai teh hangat. Kehangatannya akan membantu mengurangi rasa nyeri akibat sakit perut.

Beras

Jika kamu terserang diare, cobalah memasak nasi. Diare umumnya disebabkan oleh bakteri yang melepaskan racun. Ini dapat meningkatkan cairan dalam saluran pencernaan kita.

Nasi, sebagai agen pengental, dapat membantu menyerap sebagian cairan di dalam usus dan mengurangi jumlah kotoran yang dikeluarkan.

Saat mengalami diare, disarankan untuk mengonsumsi setengah cangkir nasi saat makan untuk membantu mengurangi ketidaknyamanan yang kita rasakan.

Baca juga: 11 Penyebab Diare pada Orang Dewasa yang Perlu Diketahui

Pisang

Pisang mengandung magnesium dan kalium yang dapat membantu meredakan kejang otot dan kram. Selain itu, pisang juga dapat membantu mengatasi diare.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com