Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Mengetahui Alpukat Matang dengan Pas dan Siap Dinikmati

Kompas.com - 27/09/2023, 12:04 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memilih alpukat yang sempurna bukan hal yang mudah.  Jika kita memilih buah yang terlalu matang, kita mungkin hanya memiliki waktu satu hari- atau bahkan beberapa jam saja untuk mengonsumsinya sebelum dagingnya menjadi kecoklatan.

Tetapi jika kita memilih yang kurang matang, maka kita harus menunggu beberapa hari sebelum bisa menikmatinya.

Lantas, bagaimana cara mengetahui jika buah alpukat yang kita beli matang dengan pas dan masih bisa dimakan dalam waktu satu hari atau lebih?

Dilansir dari laman Real Simple, berikut adalah cara yang tepat menikmati alpukat dengan kematangan yang pas.

Cara mengetahui alpukat matang dengan pas
Saat memeriksa alpukat mana yang ingin kita campurkan ke dalam smoothie atau hidangan lain, andalkan tampilan dan rasa buahnya.

Baca juga: Trik Simpan Alpukat dalam Rendaman Air Tidak Aman, Apa Solusinya?

Inilah yang harus diperhatikan:

• Carilah bagian luar yang berwarna hijau tua hingga hampir hitam
Alpukat yang matang akan memiliki kulit berwarna hijau tua atau hampir hitam. Jika alpukat berwarna hijau, atau hijau tua dengan bintik-bintik hitam, alpukat belum siap untuk dinikmati.

• Raba kulit yang bergelombang
Alpukat yang siap untuk dimakan akan memiliki kulit yang bergelombang, tidak mulus. Jika kulitnya terlalu halus, kembalikan alpukat ke tempat semula. Perlu satu atau dua hari lagi untuk mematangkannya.

• Menekan buah
Silakan tekan alpukat dengan lembut. Jika sudah matang, alpukat akan menghasilkan tekanan yang kuat dan lembut tanpa meninggalkan lekukan atau terasa lembek. Jika lembek, kemungkinan besar alpukat sudah terlalu matang dan bukan alpukat yang baik untuk dibawa pulang.

Pilihan cara mengonsumsi alpukat yang matang
Bila kita memilih alpukat yang sudah matang dengan pas, kita dapat menggunakan buah siap santap ini untuk beberapa resep, seperti:

Salad
Alpukat bisa digunakan untuk membuat salad. Kita bisa menambahkan beberapa bahan lainnya seperti daun bawang, mint, pistachio, mentimun cincang, kacang polong, edamame, dan sebagainya.

• Scramble egg
Jika kita menginginkan alpukat untuk sarapan dan ingin lebih dari sekadar mengoleskannya di atas roti panggang, cobalah menambahkan beberapa irisan alpukat matang ke dalam scramble egg.

Dalam versi ini, potongan buah hijau yang lembut bercampur dengan daging asap yang renyah, irisan bawang bombay dan tomat, dan tentu saja scramble egg yang lembut.

Baca juga: Makan Alpukat Setiap Hari Bikin Gemuk? Cek Penjelasannya

• Rice bowl
Tidak perlu lauk tambahan dengan hidangan ini, yang terdiri dari sayuran berwarna-warni, irisan daging ayam tanpa lemak, nasi putih yang lembut, dan setengah buah alpukat matang yang mengenyangkan. Taburi dengan irisan daun bawang dan saus pedas, lalu rice bowl siap disantap.

Smoothie
Alpukat adalah bahan smoothie yang memberikan rasa lembut yang lezat pada minuman apa pun yang dicampurnya.

Dalam resep lain, setengah buah alpukat matang bisa dipadukan dengan kopi yang diseduh kental, tahini, irisan pisang beku, kayu manis bubuk, dan bubuk kakao tanpa pemanis.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com