Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Cara Kerja Hyaluronic Acid untuk Anti-Aging

Kompas.com - 02/10/2023, 13:55 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber realsimple

KOMPAS.com - Hyaluronic acid  atau asam hialuronat merupakan zat aktif yang telah banyak digunakan dalam produk-produk skincare. Hyaluronic acid (HA) ini terkenal karena kemampuannya meningkatkan kelembaban kulit.

Sodium hyaluronate, atau yang dikenal sebagai hyaluronic acid, secara alami terdapat dalam tubuh kita dan berfungsi untuk menarik air dan menjaga kelembaban dalam kulit.

Inilah mengapa asam hialuronat sangat efektif dalam menjaga keseimbangan kulit, bahkan ketika digunakan bersamaan dengan bahan perawatan kulit lainnya seperti copper peptide yang pada dasarnya tidak memiliki efek pelembap.

Selain itu, bagi mereka yang mencari toner untuk kulit berjerawat yang juga mengandung pelembap, produk dengan kandungan HA adalah pilihan yang tepat.

HA sendiri bekerja dengan cara menarik kelembapan untuk memberikan tampilan kulit yang halus dan elastis, mengurangi penampilan garis-garis halus dan kerutan.

Susan Weinkle, seorang ahli dermatologi klinis di University of South Florida, menjelaskan dengan menjaga kulit terhidrasi dari luar, garis-garis halus akan tersamarkan, terutama di sekitar mata.

Baca juga: Manfaat Hyaluronic Acid untuk Atasi Rambut Kering dan Lepek

Itulah sebabnya mengapa banyak dokter kulit merekomendasikan produk krim mata yang mengandung HA.

Mengetahui cara menggunakan pelembap wajah sangat penting agar mendapatkan hasil yang maksimal.Shutterstock/JLco Julia Amaral Mengetahui cara menggunakan pelembap wajah sangat penting agar mendapatkan hasil yang maksimal.

Perawatan kulit usia 40 tahun ke atas

Seiring bertambahnya usia, penelitian menunjukkan, polimer hyaluronic acid dalam kulit mengalami penurunan secara bertahap, yang dapat menyebabkan kehilangan kelembapan kulit. Efeknya kulit terasa lebih kering dan tertarik.

Inilah mengapa HA menjadi sangat penting dalam perawatan kulit bagi mereka yang berusia 40-an ke atas.

Walaupun HA memberikan manfaat untuk semua jenis kulit, bahan yang mampu meningkatkan kelembapan ini sangat bermanfaat terutama bagi mereka yang memiliki kulit sensitif atau kering.

Baca juga: Perhatikan Cara Penggunaan Hyaluronic Acid dengan Benar

Hal ini dikarenakan HA memiliki kemampuan untuk meratakan dan melembapkan kulit.

HA dapat ditemukan dalam berbagai produk perawatan kulit, termasuk pelembap atau moisturizer dan serum.

Shani Darden, seorang ahli kecantikan yang memiliki banyak klien selebritis terkenal seperti Jessica Alba, memilih menggunakan serum HA sebelum mengaplikasikan moisturizer.

HA aman digunakan setiap hari dan memberikan hasil terbaik ketika dioleskan pada kulit yang masih basah setelah dibersihkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com