Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bakar Lemak Membandel dengan Perawatan CoolSculpting

Kompas.com - 06/10/2023, 08:10 WIB
Putri Aulia,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mengatur asupan dan olahraga teratur memang menjadi langkah utama untuk menurunkan berat badan. Walau begitu, terkadang ada lemak di bagian tubuh tertentu yang yang sulit dihilangkan meski berat badan sebenarnya sudah dalam kategori normal.

Lemak membandel tersebut biasanya ada di bagian lengan atas, dagu, paha, hingga perut.

Semakin berkembangnya teknologi, kini ada perawatan kecantikan bernama CoolSculpting, yaitu teknologi kontur tubuh non-bedah yang efektif menghilangkan lemak tubuh.

Menggunakan teknologi pendinginan, CoolSculpting menggunakan alat khusus yang dapat menghancurkan sel-sel lemak tanpa merusak jaringan sekitarnya.

Perawatan ini mampu mengurangi timbunan lemak hingga 27 persen dalam satu kali perawatan serta tak menimbulkan bekas luka. Pasien bahkan bisa langsung beraktifitas setelahnya.

Baca juga: 7 Cara Menurunkan Berat Badan Anti-gagal, Bisa Dicoba di Rumah

Walau begitu, menurut dr. Olivia Aldisa CoolSculpting atau body contouring bukanlah pengobatan untuk obesitas atau orang dengan gemuk berlebihan.

"Ïni adalah solusi bagi mereka yang memiliki berat badan yang mendekati ideal, tetapi memiliki lemak yang sulit dihilangkan meskipun telah mencoba berbagai cara, termasuk diet dan olahraga," kata dokter kepala di klinik kecantikan QuickGlam Kemang, Jakarta Selatan, ini.

Kandidat yang bisa melakukan CoolSculpting ini dilihat dari body mass index (BMI) dibawah 27,5.

Sementara, bagi mereka dengan BMI diatas 27,5 disarankan untuk melakukan program penurunan berat badan terlebih dahulu sebelum menjalani CoolSculpting.

Perawatan CoolSculpting juga bisa dipakai untuk mengurangi lemak pasca kehamiland dan persalinan. Untuk ibu yang melahirkan dengan normal, perawatan ini bisa segera dilakukan.

Namun, apabila ibu melakukan proses persalinan dengan cara caesar, perlu jeda minimal 6 bulan.

“Kalau persalinannya dengan oeprasi caesar harus nunggu enam bulan minimal supaya lukanya sembuh dulu,” ucap dr Aldisa.

Baca juga: 10 Cara Menurunkan Berat Badan secara Aman dan Sehat

Bagi kamu yang tertarik menjalani CoolSculpting, perawatan ini sudah tersedia di QuickGlam Kemang, Jakarta Selatan, dengan harga mulai dari Rp 4,5 juta.

Penting untuk diingat, konsultasi dengan dokter terlebih dahulu sangat dianjurkan sebelum memutuskan untuk menjalani prosedur ini, agar hasil yang diinginkan dapat dicapai dengan optimal.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com