Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perubahan Kecil untuk Menjadi Lebih Bahagia Setiap Hari

Kompas.com - 07/10/2023, 06:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Ada banyak saran tentang bagaimana cara menjadi lebih bahagia - mulai dari berolahraga lebih banyak hingga melatih rasa syukur.

Namun mungkin sulit untuk mengidentifikasi satu perubahan kecil yang dapat kita lakukan sekarang demi meningkatkan kesejahteraan.

Robert Waldinger, Direktur Harvard Study of Adult Development menyebut,ada satu kebiasaan kecil yang bisa kita terapkan untuk meningkatkan kebahagiaan.

Pandangan Waldinger ini dia bagikan dalam acara The Atlantic Festival pada bulan September lalu.

Baca juga: 3 Cara Memakai Uang untuk Membeli Kebahagiaan

Studi tentang kebahagiaan Waldinger yang telah berlangsung selama beberapa dekade menemukan, orang yang pandai berhubungan dan menjangkau orang lain setiap hari adalah orang-orang yang paling bahagia.

Orang tipe ini pun mampu menjadi lebih tangguh ketika menghadapi tantangan dalam hidup.

Keterampilan ini sering disebut sebagai kebugaran sosial, yang merupakan tindakan untuk secara konsisten meninjau bagaimana kita mencurahkan diri dalam hubungan, dan memperbaiki ketidakseimbangan untuk menjadi teman dan mitra yang lebih baik.

Cobalah membuat sebuah perubahan kecil dengan mulai memerhatikan apa yang menarik di sekitar kita, dan fokuslah pada orang-orang yang disayangi

Saran Waldinger ini terdiri dari dua bagian. 

"Perhatikan dengan saksama ke mana kita mengarahkan perhatian, dan jika bisa, arahkan ke orang-orang yang kita sayangi," ujar dia.

Baca juga: 7 Pilihan Sederhana, Jalan Menuju Kebahagiaan Seumur Hidup

Bagian pertama dari persamaan ini mengasah kebutuhan kita untuk lebih sadar akan apa yang kita berikan pada perhatian tersebut.

Sebagai contoh, jika kita tahu bahwa hal-hal tertentu, seperti scrolling media sosial mantan, membuat tidak bahagia, maka kita harus berusaha untuk mengurangi hal tersebut.

Sebaliknya, jika berbicara dengan teman dekat tentang impian dan aspirasi mampu memotivasi kita untuk mencapai tujuan tersebut, maka lakukanlah hal itu lebih banyak.

Kedua, berlatihlah untuk mengalihkan perhatian dari hal-hal yang membuat kita merasa tidak enak kepada hal-hal yang membuat kita merasa baik, termasuk bersama orang-orang yang kita sayangi.

Membangun hubungan membutuhkan niat, kata Waldinger. Ini adalah salah satu cara yang bermanfaat agar kita dapat lebih berniat dalam menjalin hubungan.

Baca juga: 3 Kebiasaan Sederhana untuk Menambah Kebahagiaan

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com