Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - Diperbarui 24/09/2023, 06:55 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Inc.

KOMPAS.com - Meningkatkan kebahagiaan dalam hidup tentu memerlukan beberapa perubahan.

Bagi sebagian orang, kekayaan materi mungkin dapat menghasilkan kebahagiaan. Namun, apakah itu akan menghasilkan kebahagiaan yang berkelanjutan? Atau membuat hidup lebih memuaskan?

Memang kebahagiaan itu subjektif dan tergantung pada interpretasi tiap-tiap individu.

Tetapi, seiring bertambahnya usia, kita belajar untuk melihat kehidupan dari perspektif yang berbeda. Penuaan membawa seseorang pada apresiasi yang lebih dalam untuk hal-hal yang sering dianggap remeh.

Kebiasaan sederhana yang penting untuk dongkrak kebahagiaan

Dilansir dari laman Inc, para ahli berbagi tentang kebiasaan sederhana yang penting untuk dongkrak kebahagiaan sebagai berikut.

1. Merawat pikiran dan tubuh

Kita bisa memulai kebiasaan sederhana ini dengan lebih banyak tidur, sesuatu yang tidak kita hargai atau anggap penting selama kesibukan di masa muda.

Baca juga: 5 Tips Feng Shui untuk Ciptakan Kebahagiaan di Rumah

Pakar tidur dan CEO Thrive Global, Arianna Huffington, mengaitkan kesuksesannya dengan meninggalkan budaya kesibukan dan kurang tidur untuk bisa tidur dengan kualitas baik selama delapan jam.

"Ketika saya tidur delapan jam, saya merasa siap untuk menangani apa pun di pagi hari tanpa stres dan tanpa membayar harga mahal dalam hal kesehatan maupun kesejahteraan mental saya," kata dia.

Selain itu, pertimbangkan juga untuk tidur siang. The New York Times melaporkan pada tahun 2013,  tidur siang dapat meningkatkan kinerja sehari-hari.

Dalam studi tersebut, ketika pengendali lalu lintas udara shift malam diberi waktu 40 menit untuk tidur siang — dengan waktu rata-rata 19 menit — mereka berkinerja lebih baik dalam tes yang mengukur kewaspadaan dan waktu reaksi.

Selain tidur, menyisipkan waktu untuk bermain di sela-sela rutinitas kerja juga bisa membuat pikiran lebih baik dan perasaan bahagia meningkat.

Menurut Stuart Brown, pendiri National Institute for Play dan penulis buku Play, ilmu pengetahuan menunjukkan, cara kerja yang menyenangkan akan menghasilkan lebih banyak aliran kreatif dan inovasi.

Ia pun berpendapat, bermain adalah dorongan biologis yang sama pentingnya bagi kesehatan, seperti halnya tidur atau nutrisi, dan kita secara alami dirancang untuk berkembang melalui permainan.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com