Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 12/10/2023, 11:31 WIB
Lusia Kus Anna

Editor

Sumber BBC

KOMPAS.com - Kita mungkin sudah kenal dengan istilah Long Covid untuk menjelaskan gejala-gejala yang berkepanjangan setelah pulih dari infeksi virus Covid-19.

Nah, sekarang ini ada istilah long colds alias gejala pilek berkepanjangan. Gejalanya meliputi batuk, sakit perut, dan diare.

Virus yang menyerang saluran pernapasan, atau pun infeksi virus lainnya, memang bisa menyebabkan gejala yang lama sembuhnya. Namun pandemi Covid telah membawa perhatian masyarakat pada kondisi ini.

" Seseorang bisa mengalami kelelahan yang lama setelah terinfeksi virus. Ini bukan imajinasi semata, ini sesuatu yang nyata," kata Prof.Adrian Martineau dari Universitas Queen Mary di London.

Belum lama ini ia menerbitkan hasil studinya tentang Long Colds. Sebanyak 10.171 orang dewasa mengisi kuesioner tentang infeksi pernapasan dan gejala yang dialami.

Baca juga: Apa Saja Gejala Long Covid yang Perlu Diketahui?

Penyebaran kuesioner itu dilakukan di awal tahun 2021, saat pandemi Covid masih berlangsung dan program vaksinasi mulai berjalan.

Tidak semua orang yang pulih dari sakit mengalami gejala yang persisten atau gejala baru.

Namun, dibandingkan dengan mereka yang mengatakan bahwa mereka tidak mengalami penyakit pernapasan baru-baru ini, mereka yang mengatakan bahwa mereka pernah mengalami Covid atau flu atau pilek dalam beberapa minggu sebelumnya, lebih cenderung mengalami beberapa gejala dalam sebulan atau lebih setelahnya.

Gejala-gejala itu termasuk nyeri otot, susah tidur, sulit konsentrasi, serta kelelahan. Dengan kata lain, pemulihan dari infeksi virus memang bisa berjalan lambat.

Ketua peneliti, Giuliva Vivaldi mengatakan, hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bukan cuma infeksi Covid yang bisa menimbulkan gejala lanjutan, tapi juga infeksi pernapasan.

"Infeksi yang berkepanjangan ini sulit didiagnosis dan diobati, terutama karena ada banyak sekali jenis gejalanya. Untuk long Covid saja bisa sampai 200 gejala," katanya.

Baca juga: Seberapa Lama Virus Flu dan Batuk Bisa Menular?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com