Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penting, Segera Cuci Tangan Setelah Menyentuh Benda Ini!

Kompas.com - 14/10/2023, 21:00 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Setelah melalui pandemi Covid-19, masyarakat semakin sadar pentingnya menjaga kebersihan dan kesehatan.

Salah satu poin utama yang ditekankan oleh pandemi COVID-19 adalah berapa pentingnya mencuci tangan. Mencuci tangan sangat penting untuk menjaga kebersihan dan menghentikan penyebaran kuman.

Menurut Mayo Clinic, mencuci tangan dapat mencegah perpindahan bakteri, virus, dan kuman lainnya.

Ahli dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit merekomendasikan penggunaan sabun dan air bersih atau pembersih tangan yang mengandung setidaknya 60% alkohol untuk mencuci tangan.

Penelitian juga menunjukkan, kedua metode tersebut efektif dalam mengurangi penyebaran kuman.

Cuci tangan setelah menyentuh benda berikut

Namun, tentu saja tidak mungkin untuk menjaga tangan kita selalu bebas dari kuman sepanjang waktu.

Penelitian menunjukkan kamu perlu mencuci tangan setelah melakukan kontak dengan benda-benda berikut.

Baca juga: 7 Langkah Cuci Tangan yang Efektif Singkirkan Kuman

Uang

Saat ini, transaksi pembelian dapat dilakukan dengan kartu debit atau kredit untuk sebagian besar kebutuhan, tetapi kadang-kadang penggunaan uang tunai tetap diperlukan.

Ketika melakukan transaksi tunai, pastikan untuk segera mencuci tangan. Peneliti telah menguji uang kertas dan menemukan keberadaan ratusan mikroorganisme, termasuk bakteri dari mulut dan vagina, serta DNA dari hewan peliharaan dan virus.

Penelitian yang sejenis juga mengungkapkan beberapa uang tunai dan koin bahkan mengandung patogen seperti E. coli dan Salmonella.

Pegangan tangan, gagang, atau gagang pintu

Menurut Katy Burris, seorang dokter kulit yang praktek di Columbia University Medical Center di New York City, salah satu momen penting untuk selalu diingat adalah mencuci tangan setelah menggunakan transportasi umum.

Di lingkungan ini, banyak orang secara terus-menerus menyentuh berbagai permukaan yang sama, mulai dari pegangan tangan di eskalator, tiang di kereta bawah tanah, hingga gagang pintu kamar mandi.

Menu restoran

Restoran dapat menjadi salah satu tempat yang memiliki potensi tertinggi untuk penularan virus. Bahkan ternyata, daftar menu mereka bisa menjadi sarana penularan terburuk.

Tim peneliti dari University of Arizona melakukan penelitian terhadap bakteri yang ada pada menu di restoran. Mereka menemukan ada 185.000 organisme bakteri yang menempel di sana.

Hal ini tentu saja wajar, mengingat banyak orang yang menyentuh menu restoran, termasuk staf restoran yang juga mengurus piring dan sendok garpu yang sebelumnya telah digunakan oleh pelanggan lain.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com