Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Lukisan dari Sampah Plastik dalam Perayaan 25 Tahun Ranch Market

Kompas.com - 20/10/2023, 20:01 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memasuki usia ke-25 tahun, Ranch Market yang berada di bawah naungan PT Supra Boga Lestari Tbk, terus berinovasi tidak hanya bagi pelanggannya, tetapi juga kelestarian lingkungan sekitar.

Melalui program "Sustaining Our World for a Better Tomorrow", Ranch Market berhasil mengumpulkan 8.000 sampah plastik yang kemudian didaur ulang menjadi sebuah karya seni dalam bentuk lukisan.

Chief Marketing and Merchandising Officer PT Supra Boga Lestari Tbk, Maria Suwarni mengatakan, selama 25 tahun, Ranch Market selalu berupaya untuk mengedukasi masyarakat tentang pentingnya kehidupan yang lebih lestari (sustainable).

"Di tahun ini kami mengangkat tema program 'Sustaining Our World for a Better Tomorrow' untuk mempertahankan masa depan bumi yang lebih baik," terangnya saat acara konferensi pers 25th Anniversary of Ranch Market di Jakarta, Kamis (19/10/2023).

Baca juga: Kemasan Plastik The Body Shop Indonesia Diubah Menjadi Kaki Palsu

"Dimulai dengan disediakannya drop box untuk sampah plastik di beberapa toko, kami telah mengumpulkan sebanyak 8.000 sampah plastik yang kemudian diubah menjadi proyek instalasi seni Tabur Daur, yang berkolaborasi dengan TacTic Group."

"Proyek instalasi ini juga sekaligus mendapatkan rekor MURI, salah satunya lewat karya seni lukisan terbesar yang berasal dari daur ulang limbah plastik," jelas Maria.

Proyek instalasi karya seni Ranch Market yang terbuat dari sampah plastik.Dok. Ranch Market Proyek instalasi karya seni Ranch Market yang terbuat dari sampah plastik.

Berakar pada konsep keterkaitan alam dan iklim, karya seni ini sarat akan beragam tradisi dan mitologi dari seluruh dunia, serta selaras di bawah konsep "Bapak Langit & Ibu Bumi".

Di mana, Bapak Langit mewakili unsur-unsur langit, cuaca, dan hal-hal di atmosfer, sedangkan Ibu Bumi mewakili tanah, alam, dan kesuburan. Keduanya melengkapi satu sama lain dalam menjaga keseimbangan alam semesta.

Dengan mengintegrasikan konsep "Bapak Langit & Ibu Bumi" ke dalam seni daur ulang, diharapkan dapat meningkatkan kesadaran masyarakat tentang pentingnya menjaga keseimbangan alam dan lingkungan melalui kegiatan daur ulang untuk masa depan yang lebih segar dan sehat.

Baca juga: 5 Jenis Sampah Plastik yang Berbahaya bagi Kesehatan dan Lingkungan

Selain membuat karya seni daur ulang, Ranch Market bersama TacTic Art Group juga mengadakan workshop dalam kemitraan dengan Sahabat Anak untuk mendidik anak-anak binaan mereka tentang limbah plastik dan memberdayakan mereka untuk menciptakan produk upcycled yang dapat dijual.

Hal ini sejalan dengan semangat PT Supra Boga Lestari, Tbk yang berfokus pada pendidikan anak, keseimbangan lingkungan, dan keberlanjutan.

"Jadi kami juga mengajarkan kepada anak-anak untuk memilah sampah dan melibatkan mereka dalam workshop mendaur ulang sampah plastik menjadi sesuatu yang memiliki nilai jual," imbuh Maria.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com