Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 23/10/2023, 18:46 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sebagian besar orang pasti pernah mengalami gangguan pada pencernaan, seperti perut kembung, asam lambung, hingga nyeri di sekitar area perut.

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya asupan makanan yang kita konsumsi sehari-hari.

Bahkan, beberapa jenis makanan yang tergolong kaya akan nutrisi, misalnya sayuran dan kacang-kacangan, ternyata juga bisa memicu gangguan pencernaan dan menyebabkan sakit perut.

Daftar makanan yang bisa bikin sakit perut
Untuk menghindari sakit perut, terutama dalam momen tertentu, maka kita perlu memperhatikan daftar makanan berikut.

1. Gorengan
Gorengan atau makanan yang digoreng, mengandung lemak yang tinggi dan dapat menyebabkan sakit perut maupun diare.

Menurut penelitian yang diterbitkan di Preventive Nutrition and Food Science pada tahun 2021, gorengan juga telah dikaitkan dengan gangguan pencernaan lainnya seperti GERD.

Sebagai gantinya, cobalah menggoreng dengan cara ditumis- menggunakan sedikit minyak, atau gunakan metode memasak rendah lemak seperti memanggang atau memasak dengan air fryer.

Baca juga: Dampak Makan Gorengan terhadap Risiko Diabetes, Kenali Bahayanya

ilustrasi mencegah asam lambung dengan permen karet.iStockphoto/Anna Frank ilustrasi mencegah asam lambung dengan permen karet.

2. Gula alkohol
Permen, permen karet, dan makanan bebas gula lainnya yang dibuat dengan gula alkohol dapat menyebabkan gas dan sakit perut pada beberapa orang.

Baca daftar bahan dan perhatikan pemanis yang berakhiran "-ol" seperti sorbitol, manitol, xylitol, eritritol, dan malitol.

Jika gula alkohol mengganggu pencernaan kita, maka pilihlah permen, permen karet, dan makanan lain yang dibuat tanpa gula.

Ingat, gula tambahan harus dibatasi tidak lebih dari 10 persen dari total kalori, jadi konsumsilah makanan apa pun dengan gula tambahan dalam jumlah yang kecil.

Baca juga: Berapa Banyak Konsumsi Gula per Hari untuk Turunkan Berat Badan?

3. Sirup jagung fruktosa tinggi
Sirup jagung fruktosa tinggi adalah pemanis yang digunakan untuk membuat permen dan kue kering, yang dapat menyebabkan gas, diare, kembung, dan kram pada beberapa orang.

Untuk menghindari gangguan pencernaan, baca label fakta nutrisi dan pilihlah permen, kue kering, atau makanan lain yang tidak mengandung pemanis ini.

4. Buah-buahan citrus
Buah-buahan citrus yang sangat asam seperti jeruk, lemon, dan jeruk nipis dapat menyebabkan sakit perut pada beberapa orang.

Hal ini karena buah-buahan citrus mengendurkan sfingter (katup) esofagus, yang dapat menyebabkan asam masuk ke kerongkongan dan menyebabkan heartburn.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com