Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

7 Kandungan Skincare yang Bisa Tingkatan Kolagen, Cegah Penuaan Dini

Kompas.com - 31/10/2023, 16:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber She Finds

KOMPAS.com - Demi mencegah penuaan dini pada kulit, penggunaan produk perawatan kulit atau skincare yang menstimulasi produksi kolagen setiap hari sangat diperlukan.

Kolagen merupakan protein yang bertanggung jawab untuk memberikan elastisitas dan kekenyalan pada kulit.

Nah, beberapa kandungan atau bahan dalam skincare diketahui dapat membantu meningkatkan produksi kolagen agar kulit lebih kenyal serta awet muda.

Untuk mempelajarinya lebih lanjut, ahli dermatologi dan skincare memaparkan daftar kandungan skincare yang dapat meningkatkan kolagen, seperti dikutip dari laman She Finds berikut ini.

Baca juga: Waspadai, 5 Kebiasaan Sehat yang Ternyata Sebabkan Penuaan Dini

1. Vitamin C

Menurut ahli skincare dan pendiri JBK Wellness Labs, Dr Jenelle Kim, vitamin C merupakan antioksidan kuat yang membantu melindungi kulit dari radikal bebas, yang dapat menyebabkan penuaan dini.

Kandungan vitamin C dalam skincare juga dapat meningkatkan sintesis kolagen, mencerahkan kulit, dan memperbaiki warna dan tekstur kulit, yang semuanya penting untuk menjaga kulit agar tetap bersinar.

Sementara itu, seorang dokter kulit bersertifikat dan pendiri Future Bright Dermatology, Dr Elaine F. Kung, MD, mengatakan, vitamin C adalah faktor pendukung dalam pembentukan kolagen dan bagian yang sangat penting dalam sintesis kolagen.

"Sebagai bahan skincare, vitamin C terkenal dengan antioksidannya kuat, yang melindungi kulit dari kerusakan akibat sinar UV, melindungi penghalang sel kulit yang mengurangi kekeringan, dan membantu produksi kolagen yang mencegah keriput," kata dia.

2. Hyaluronic acid

"Hyaluronic acid adalah bahan yang menghidrasi," kata Dr Kim.

Bahan ini juga berguna dalam serum karena dapat menarik dan mempertahankan kelembapan pada kulit, sehingga meningkatkan elastisitas dan kekenyalannya.

Hal ini dapat membantu meminimalkan munculnya garis-garis halus dan kerutan serta memberikan kulit tampilan yang lebih muda secara keseluruhan.

Dr Kung menambahkan, baik dalam pelembap maupun serum, hyaluronic acid dapat membantu menarik kelembapan, mengencangkan kulit, dan melindungi fungsi pelindung kulit.

"Kunci awet muda dalam perawatan kulit" berpusat pada kelembapan untuk memperbaiki penghalang kulit (skin barrier), yang secara efektif dilakukan oleh hyaluronic acid," jelasnya.

Baca juga: Malas Pakai Sunscreen Bisa Jadi Pemicu Penuaan Dini

3. Lactic acid

Lactic acid adalah eksfoliator lembut yang termasuk dalam kategori alfa-hidroksi.

Kandungan atau bahan ini dapat meningkatkan kolagen, mengurangi munculnya garis-garis halus, mencerahkan kulit, dan membantu memudarkan perubahan warna, serta bekas jerawat.

Tidak seperti beberapa eksfoliator lainnya, termasuk gycolic acid, lactic acid cenderung tidak terlalu mengiritasi kulit sensitif.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com