Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengintip Dekorasi Unik Starbucks Reserve Metropole

Kompas.com - 31/10/2023, 18:12 WIB
Dinno Baskoro,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Gerai Starbucks yang berlokasi di Metropole, Jakarta, bersalin rupa. Gerai ini berubah menjadi Starbucks Reserve alias gerai yang lebih premium ke-20 di Indonesia.

Bertempat di lantai dasar Gedung Metropole, Cikini, Jakarta, gerai cantik ini siap melayani para penikmat kopi di ibu kota.

"Kami mengubah konsep dari reguler ke Reserve karena di daerah sini (Cikini) semakin excelate dan banyak yang sudah bertransformasi termasuk bioskopnya," kata chief marketing officer PT Sari Coffee Indonesia, Liryawati, di sela acara pembukaan Starbucks Reserve Metropole, Jakarta, baru-baru ini.

Gerai yang berdiri di bangunan bersejarah ini memiliki luas 410 m2 dengan 159 kursi, termasuk satu community table.

Dengan area indoor dan outdoor yang luas, Starbucks Reserve Metropole menyuguhkan nuansa baru bagi pecinta kopi.

Perbedaan paling nyata dari gerai ini adalah dekorasi interior yang semakin didesain apik. Starbucks Reserve Metropole memiliki dekorasi unik berupa instalasi cahaya yang terinspirasi dari wayang, "teater"-nya orang-orang Indonesia.

Baca juga: Cara Unik Starbucks Rayakan Hari Kopi Internasional di Tanah Air

Instalasi dekorasi wayang di Starbucks Reserve MetropoleDok. Starbucks Indonesia Instalasi dekorasi wayang di Starbucks Reserve Metropole

Instalasi berwarna emas yang berada di bagian langit-langit Reserve Bar jika terkena pantulan cahaya bakal membuat siluet-siluet yang mirip wayang.

"Tempat ini kan berdekatan dengan teater Metropole yang sudah ada bertahun-tahun. Salah satu ide membuat dekorasi ini karena itu, Metropole sangat identik dengan teater, jadi kami mengangkat dekorasi wayang," jelas Liryawati.

Selain itu, dekorasi di bagian sisi belakang Reserve Bar juga didominasi warna emas, dilengkapi yang dilengkapi lukisan pohon kopi yang dilapisi jajaran tiang emas yang memberikan kesan mewah.

Baca juga: 4 Cara Cicip Kopi ala Starbucks, Tradisi Barista Sebelum Minum Kopi

Starbucks Reserve Metropole, Cikini, JakartaDok. Starbucks Indonesia Starbucks Reserve Metropole, Cikini, Jakarta

Lukisan pohon kopinya bukan sekadar lukisan biasa. Lukisan itu memiliki cerita pemandangan coffee culture Danau Toba alias kebun kopi binaan Starbucks Indonesia yang ada di Sumatera Utara.

"Ada pemandangan yang bisa dilihat, yaitu keindahan dari Danau Toba dan perkebunan kopi di sana. Ada lukisan pohon hingga bunga kopi," tambahnya.

Cerita singkat di balik Starbucks Reserve

Starbucks Reserve Metropole, Cikini, JakartaKOMPAS.COM / DINNO BASKORO Starbucks Reserve Metropole, Cikini, Jakarta

Starbucks memulai perjalanannya lebih dari lima puluh tahun yang lalu untuk menjadikan kopi arabika premium dapat diakses oleh semua orang sambil memupuk budaya hubungan antarmanusia.

Gerai dengan penamaan "Reserve" yang yang biasanya ditandai dengan logo bintang hitam itu dilengkapi coffee bar tambahan yang dilengkapi berbagai peralatan penyajian kopi untuk memberikan nuansa minuman kopi berkualitas.

Di sini pengunjung juga bisa mendapatkan teknik penyajian yang berbeda, bahkan bisa berkomunikasi secara lebih mendalam dengan para cooffee Master di gerai ini.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com