Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cerita Unik Kreasi Minuman Pelanggan Starbucks di Coffeemezation 2023

Kompas.com - 14/06/2023, 10:07 WIB
Dinno Baskoro,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kesuksesan program Coffeemezation di tahun lalu kembali disuguhkan Starbucks Indonesia pada tahun 2023.

Coffeemezation merupakan suatu kampanye yang mengangkat racikan minuman kreatif yang dapat dipersonalisasi oleh pelanggan setia Starbucks dan telah mendapatkan respons positif di kalangan Gen Z dan Milenial.

Tahun ini, Coffeemezation hadir dan dikemas dengan konsep yang sedikit berbeda. Melalui tema "Make Your Drinks Come True", Starbucks Indonesia mengajak pelanggan untuk mewujudkan minuman impiannya.

Inisiasi ini meliputi ajakan agar pelanggan bisa menuangkan segala ide-ide kreatifnya dalam mewujudkan minuman yang bisa dipersonalisasi dengan keinginan pelanggan.

"Dunia digital membuat permintaan pelanggan menjadi sangat luas, sehingga kami berupaya untuk memenuhi keinginan akan selera minuman yang berbeda-beda,"

"Karena itu, Coffeemezation menjadi tantangan buat kami, buat barista juga yang terlatih untuk membuat sesuatu yang tetap enak dan sesuai standar kami,"

Demikian ungkap Liryawati, Chief Marketing Officer untuk PT Sari Coffee Indonesia pemegang merek Starbucks di Indonesia, dalam konferensi persnya di Spark, Jakarta, Selasa (13/6/2023).

Kreasi minuman yang dipersonalisasi untuk minuman di Starbucks sendiri sebenarnya sudah menjadi perbincangan sejak awal tahun 2000-an dan makin berkembang lewat hashtag #StarbucksSecretMenu atau #StarbucksSecretRecipe di media sosial.

Pelanggan ataupun barista bisa berkreasi dengan menambahkan sirup, saus karamel, shot kopi, pilihan less sweet, mengganti jenis susu ke susu nabati, non-fat, hingga beberapa pilihan kopi decaf.

Baca juga: Ultah ke-21, Starbucks Fokus pada Manusia, Bumi, dan Kopi 

4 kreasi minuman Starbucks di Coffeemezation 2023

Kreasi minuman unik dari pelanggan Starbucks Indonesia di Coffeemezation 2023Dok. Starbucks Indonesia Kreasi minuman unik dari pelanggan Starbucks Indonesia di Coffeemezation 2023

Penyelenggaraan Coffeemezation tahun ini sedikit berbeda dari tahun sebelumnya.

Kampanye sudah dimulai dari 24 April 2023 dengan mengajak pelanggan untuk membagikan ide-ide kreatif akan minuman impian pelanggan di situs resmi Starbucks Indonesia.

Tahap ini berlangsung sejak 14 Mei dan tim internal telah memilih 4 finalis dengan ide minuman yang sangat menarik.

"Di tahun ini antusias luar biasa sekali karena selama periode, submission kreasi minuman unik yang sudah masuk itu mencapai lebih dari 11 ribu resep minuman,"

"Hal itu membuktikan bahwa anak-anak muda ini sangat kreatif kalau diminta untuk memberikan ide cemerlang," ujar Liryawati.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com