Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Manfaat Makan Bawang Putih untuk Meningkatkan Kesehatan

Kompas.com - 02/11/2023, 19:00 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber Health

KOMPAS.com - Bawang putih- baik dalam bentuk yang masih segar maupun bubuk sering digunakan untuk membumbui banyak makanan.

Tetapi, selain untuk memberikan cita rasa dan aroma pada makanan, bawang putih juga telah lama dijadikan sebagai obat untuk mendukung kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Berkat senyawa tanaman pelindungnya, bawang putih dapat bermanfaat bagi kesehatan dalam beberapa cara, termasuk mengurangi penanda peradangan dan menurunkan risiko penyakit kronis.

Untuk mengetahui lebih lanjut manfaat bawang putih bagi kesehatan, simak penjelasan selengkapnya sebagai berikut.

Baca juga: Bagaimana Rasanya jika Bawang Prei dan Bawang Putih Dikawinkan?

1. Mengurangi peradangan

Bawang putih kaya akan senyawa yang diketahui dapat mengurangi peradangan.

Meskipun beberapa jenis peradangan sangat penting untuk menjaga tubuh tetap sehat dan mencegah penyakit, namun peradangan kronis bisa memicu beberapa penyakit, seperti kanker hingga penyakit jantung.

Mengonsumsi makanan yang dapat memerangi peradangan kronis juga menjadi cara yang efektif untuk mengurangi risiko beberapa kondisi kesehatan dan memperbaiki gejala-gejala yang berkaitan dengan gangguan peradangan.

Di samping itu, bawang putih sarat dengan zat antiinflamasi yang disebut senyawa organosulfur.

Yang menarik, keberadaan senyawa antiinflamasi tergantung pada metode persiapannya.

Studi menunjukkan, makan bawang putih dapat membantu mengurangi penanda inflamasi seperti tumor necrosis factor-alpha (TNF-α), C-reactive protein (CRP), dan interleukin-6 (IL-6).

Makan bawang putih juga diketahui dapat membantu melindungi sel dari kerusakan oksidatif, yang terjadi ketika molekul yang disebut spesies oksigen reaktif (ROS) membanjiri pertahanan antioksidan tubuh

Penelitian menunjukkan, makan produk bawang putih dapat membantu meningkatkan pertahanan antioksidan alami tubuh sekaligus mengurangi penanda stres oksidatif.

Baca juga: Cara Menyimpan Bawang Putih agar Tahan Lama dan Tetap Segar

2. Mendukung kesehatan kognitif

Mengonsumsi bawang putih dapat mendukung kesehatan otak dengan meningkatkan fungsi kognitif dan melindungi dari penurunan kognitif.

Studi menunjukkan, orang yang mengikuti diet kaya bawang putih memiliki tingkat penurunan dan gangguan kognitif yang lebih rendah.

Sebuah studi tahun 2019 yang mencakup data lebih dari 27.000 lansia di China menemukan, mereka yang mengonsumsi bawang putih lima kali atau lebih dalam seminggu memiliki kemungkinan lebih kecil untuk mengalami gangguan kognitif.

Mereka juga cenderung hidup lebih lama dibandingkan dengan yang jarang mengonsumsi bawang putih.

Terlebih lagi, suplemen bawang putih telah terbukti meningkatkan perhatian dan daya ingat jangka pendek.

Para peneliti percaya, senyawa antioksidan dan antiinflamasi yang ditemukan dalam bawang putih segar dan bubuk dapat membantu mengurangi peradangan di otak dan melindungi dari degenerasi sel saraf, yang membantu mendukung kesehatan otak secara keseluruhan.

Baca juga: Khasiat Makan Bawang Putih Mentah

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com