Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bagaimana Rasanya jika Bawang Prei dan Bawang Putih Dikawinkan?

Kompas.com - 17/10/2023, 09:01 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Sudah sejak lama manusia menyilangkan berbagai tanaman untuk mendapatkan jenis baru yang lebih enak. Hasilnya antara lain brokoli, kale, dan grape fruit.

Di masa modern, rekayasa itu makin banyak muncul, seperti nangkadak yang merupakan hasil persilangan nangka dan cempedak, plango hasil silangan plum dan mangga, atau cucamelon yang merupakan hasil silangan tiga tanaman, yaitu semangka, mentimun, dan jeruk nipis.

Semuanya dibuat untuk mencari rasa baru yang lebih enak, atau mengumpulkan sifat-sifat baik dari tanaman asalnya dalam satu jenis baru yang lebih mudah dibudidayakan dan lebih kuat.

Silangan ini dibuat oleh Row 7 Seed Company, perusahaan benih organik yang kerap mengembangkan varietas sayuran baru, untuk mencari rasa yang lebih lezat.

Row 7 Seed Company didirikan oleh Dan Barber, seorang chef yang terkenal, bersama pemulia tanaman, Michael Mazourek.

Perusahaan ini pernah melakukan rekayasa buah butternut squash sehingga memiliki rasa lebih manis dan kaya, disebut Honeypatch Squash, tomat berpigmen ungu yang dinamai Midnight Roma, dan Habanada Pepper, varian habanero yang mengandung semua harum aromatik tetapi tanpa rasa pedas.

Nah, dengan pengalaman tersebut, Row 7 Seeds bertekad untuk memadukan rasa gurih yang disukai dari bawang putih dan manisnya bawang prei dalam satu gigitan hingga terlahir sayuran baru yang dinamakan ‘Sweet Garleek’.

Ilustrasi batang bawang prei atau leek.PIXABAY/ S. Hermann & F. Richter Ilustrasi batang bawang prei atau leek.
Adapun bawang prei memiliki ukuran tanaman lebih besar daripada bawang putih. Daun dan batang bawang prei rasanya cenderung manis, gurih dan aromanya tidak terlalu menyengat.

Bagian inilah yang dicari untuk dipadukan dengan daun dan batang bawang putih yang memiliki rasa gurih.

Chef Barber menyarankan agar konsumen menggunakan bagian sweet garleek secara keseluruhan, mulai dari bagian batang yang renyah hingga daun yang empuk.

Kehadiran sayuran baru ini membuka berbagai kemungkinan masakan, seperti sup, tumisan, dan panggangan.

Dalam Instagram Dan Barber, dia terlihat menggunakan Sweet Garleek untuk membuat sup dengan nasi, ayam, dan tomat Midnight Roma. Resep lain yang tercantum di situs resminya adalah Sweet Garleek Marmalade dan kimchi yang terbuat dari sayuran tersebut.

Sweet Garleek juga dapat digunakan pada hidangan sederhana berupa daun bawang tumis mentega atau menjadi tambahan pada resep Italia, frittata, yang akan memberikan sentuhan segar dalam hidangan tersebut.

Meskipun menarik dan mengundang penasaran akan rasanya, Sweet Garleek belum tersedia dalam bentuk benih melainkan baru dalam bentuk sayuran. Bila pasar menyukainya, kemungkinan jenis ini akan makin banyak tersedia di masa mendatang.

Baca juga: 7 Kesalahan Pakai Bawang Putih yang Bikin Rasa Makanan Tidak Sedap

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com