Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

10 Hal yang Perlu Kamu Ketahui Sebelum Berhenti Menggunakan KB

Kompas.com - 03/11/2023, 06:06 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Pil KB merupakan salah satu metode kontrasepsi untuk mencegah kehamilan. Namun, jika kamu sudah mengonsumsi pil KB, menghentikannya tidak sama dengan berhenti mengonsumsi karbohidrat.

Wanita mungkin memiliki berbagai alasan untuk menghentikan penggunaan kontrasepsi, mungkin karena mereka siap untuk hamil, tidak nyaman dengan efek sampingnya, atau tidak memerlukan perlindungan lagi.

Namun, perlu diingat perubahan yang terjadi pada tubuh dapat sangat signifikan, dan penting untuk memahami konsekuensi-konsekuensi yang mungkin terjadi.

Berikut beberapa hal yang perlu dipertimbangkan sebelum kamu memutuskan untuk menghentikan penggunaan alat kontrasepsi hormonal seperti KB.

Pastikan itu adalah keputusanmu

Menurut Sarah Yamaguchi, seorang dokter kandungan di Rumah Sakit Good Samaritan di Los Angeles, California, menghentikan penggunaan kontrasepsi merupakan perubahan hidup besar bagi wanita.

Beberapa wanita memutuskan untuk menghentikan penggunaan kontrasepsi karena mereka tidak menyukai efek sampingnya atau karena kesulitan mendapatkannya, terutama karena masalah ekonomi.

Jika efek samping memengaruhi keputusan kamu untuk tidak lagi menggunakan KB, ada pilihan kontrasepsi lain yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan kamu. Untuk itu, kamu bisa meminta saran dari dokter.

Baca juga: Keunggulan dan Efek Samping Pil KB yang Perlu Diketahui

Tubuh kamu tidak "butuh istirahat"

Menurut Sherry Ross, seorang dokter kandungan di Santa Monica, California, alasan terbaik untuk menghentikan metode kontrasepsi saat ini adalah dalam rangka persiapan untuk kehamilan.

Ross menyebut beberapa wanita ingin berhenti menggunakan metode kontrasepsi mereka saat ini untuk 'mengistirahatkan tubuh mereka'.

Namun, anggapan wanita harus berhenti minum pil KB untuk memberikan istirahat pada tubuh menurutnya adalah mitos belaka.

Sebaiknya tidak berhenti secara tiba-tiba

Ross menyarankan, sebaiknya kita selesaikan satu kemasan pil KB sebelum menghentikan konsumsinya.

"Saya sarankan untuk tidak menghentikan pil di tengah-tengah kemasan, tetapi selesaikanlah kemasan yang ada," kata Ross.

Ini bertujuan untuk mencegah penurunan hormon yang drastis dan menghindari perubahan suasana hati, sakit kepala, dan jerawat yang tidak perlu.

Tidak ada persiapan khusus yang diperlukan sebelum berhenti minum pil, kecuali untuk terus mengonsumsinya sesuai resep sampai kemasan habis

Pil KB mengandung hormon yang biasanya berlaku selama satu periode, dan itulah saatnya untuk berhenti.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com