Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Minum Jus Tidak Sesehat Makan Buah Langsung, Benarkah?

Kompas.com - 04/11/2023, 19:19 WIB
Putri Aulia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Buah dan sayuran memang kaya vitamin dan mineral yang baik bagi tubuh. Seringkali untuk mengonsumsinya kita memilih membeli atau membuat sendiri jus buah dan sayuran.

Namun, meski jus dapat memberikan manfaat nutrisi tertentu, ada juga beberapa hal penting yang terlewatkan.

Sebelum mengetahui apakah minum jus sama manfaatnya dengan mengonsumsi buah dan sayuran langsung, kita perlu tahu proses pembuatan jus terlebih dahulu.

Mengubah buah dan sayuran menjadi minuman bukanlah konsep baru, hal ini telah dilakukan selama berabad-abad lalu. Seiring perkembangan zaman, mulai muncul pembuatan jus semakin melonjak, hingga smoothie juga mulai menarik perhatian banyak orang.

Meskipun smoothie dan jus tetap menjadi favorit hingga saat ini, tetapi dari segi nutrisi, keduanya memiliki perbedaan yang signifikan.

Baca juga: 12 Buah Paling Sehat untuk Dikonsumsi Menurut Pakar

Smoothie dibuat menggunakan blender, yang memecah bahan makanan hingga dapat diminum dengan mudah melalui sedotan. Sementara itu, proses pembuatan jus dimaksudkan hanya untuk mengambil cairan dari buah dan sayuran.

Natalie Romito menjelaskan, "Ketika membuat smoothie, semua bagian makanan yang dimasukkan ke dalam blender akan tetap ada dalam minuman. Tetapi saat membuat jus, serat dari buah dan sayuran akan terpisah dan dibuang."

Faktanya, serat memiliki peran penting. Bagian yang dibuang tersebut mengandung nutrisi yang dapat memberikan manfaat bagi kesehatan tubuh.

Jus, dalam beberapa hal, memang bisa dianggap sebagai pilihan yang sehat jika dikonsumsi dalam jumlah yang wajar. Namun, tetap saja, ada pilihan yang lebih baik yang bisa kita ambil.

Romito mengatakan jus bisa menjadi alternatif yang lebih sehat jika dibandingkan dengan minuman bersoda, misalnya. Namun, kenyataannya, memakan buah dan sayuran dalam bentuk aslinya adalah pilihan yang jauh lebih sehat secara keseluruhan.

Baca juga: Apakah Minum Jus Buah Benar-benar Menyehatkan?

Manfaat membuat jus

Biasanya, saat membuat jus dari buah dan sayuran, kamu mendapatkan sejumlah vitamin, mineral, antioksidan, polifenol, dan senyawa lain yang bermanfaat bagi tubuh. Meskipun tidak semuanya, tetapi setidaknya sebagiannya.

Jadi, tergantung pada makanan apa yang kamu masukkan ke dalam juicer, kamu dapat meningkatkan asupan hal-hal seperti vitamin C, vitamin K, asam folat, magnesium, dan zat-zat lain yang baik untuk tubuh.

Beberapa orang juga mengatakan minum jus akan memungkinkan tubuh menyerap nutrisi dengan lebih baik ketimbang makan buah dan sayuran utuh.

Romito pun mengakui hal itu mungkin benar untuk beberapa makanan. Ketika dinding sel dari tanaman tertentu pecah, baik melalui proses seperti pembuatan jus atau melalui proses memasak, kemampuan tubuh untuk menyerap beberapa nutrisi dapat meningkat.

Namun, Romito menekankan manfaat potensial dari penyerapan yang lebih baik tidak sebanding dengan apa yang kamu hilangkan ketika membuat jus.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com