Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 05/11/2023, 14:00 WIB
Glori K. Wadrianto

Editor

KOMPAS.com -  Kurma adalah buah super sehat yang super serbaguna. Ditanam di berbagai negara seperti Mesir, Arab Saudi dan Iran, buah ini tersedia secara luas dalam bentuk segar atau kering - dan keduanya lezat.

"Ada berbagai macam varietas, dan masing-masing memiliki rasa yang berbeda," kata Michael Crupain, M.D., M.P.H., penulis buku The Power Five: Essential Foods for Optimum Health, yang merupakan pengajar di Johns Hopkins Bloomberg School of Public Health.

"Ketika beberapa orang khawatir tentang kandungan gulanya, kurma sebenarnya adalah makanan dengan indeks glikemik rendah, sebagian karena kaya akan serat."

"Kurma adalah pengganti yang bagus atau makanan yang tepat ketika kita menginginkan sesuatu yang manis," sebut dia.

Baca juga: Sederet Manfaat Kurma, untuk Usus, Otak, hingga Bantu Persalinan

Baik dimakan sebagai camilan, atau digunakan dalam hidangan manis atau gurih, kita akan mendapatkan banyak manfaat kesehatan.

Manfaat kurma bagi kesehatan

  • Kurma sangat bergizi

Seperti yang ditunjukkan oleh Dr. Crupain, kurma mengandung gula alami yang tinggi, dan juga kalori yang tinggi.

Meski begitu, kurma hanya memiliki sedikit lemak, dan sejumlah kandungan yang meningkatkan kesehatan seperti serat dan antioksidan, serta senyawa bermanfaat lainnya, membuat kurma menjadi buah super.

  • Kurma adalah makanan super

Kita mungkin pernah melihat kurma disebut sebagai makanan super dan bertanya-tanya apakah itu benar.

"Makanan super adalah makanan yang penuh dengan nutrisi dan memberikan manfaat bagi kesehatan," kata Dawn Jackson Blatner, RDN, penulis The Superfood Swap.

"Kurma dapat dianggap sebagai makanan super karena kaya akan senyawa yang bermanfaat, seperti polifenol."

"Penelitian awal menunjukkan, polifenol dalam kurma ini - dan kemungkinan senyawa bermanfaat lainnya - terkait dengan berbagai manfaat kesehatan."

  • Kurma kaya antioksidan

Penelitian menunjukkan, kurma kaya akan antioksidan fenolik (termasuk katekin) serta flavonoid, yang memiliki sifat antioksidan.

Baca juga: Simak, Resep Banana Bread Kurma yang Menyehatkan

Inilah alasan mengapa antioksidan sangat baik untuk kesehatan: Antioksidan melawan radikal bebas (bahan kimia yang merusak sel), memperbaiki DNA dan membantu menjaga sel-sel kita tetap sehat, menurut Harvard School of Public Health.

Itulah salah satu alasan mengapa pola makan yang penuh dengan buah-buahan dan sayuran sangat menyehatkan bagi kita manusia.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com