Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bleu Royal Dilelang Rp 691 M, Menjadi Salah Satu Berlian Termahal

Kompas.com - 13/11/2023, 20:43 WIB
Elisabeth Christ Adventia,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Berlian biru tanpa cacat terbesar yang sangat langka, The Bleu Royal, dilelang di Jenewa pada Selasa (7/11/2023) seharga 40 juta dollar AS atau setara dengan Rp 691 miliar. Menurut rumah lelang Christie’s, harga tersebut menjadikannya salah satu berlian termahal yang pernah dijual di lelang.

“Apa yang membuat Bleu Royal begitu langka dan istimewa adalah ukurannya. Dengan berat 17,6 karat, ini merupakan berlian yang terbesar dari jenisnya,” kata Rahul Kadakia, kepala perhiasan internasional Christie.

Dengan berat 17,61 karat tersebut, Bleu Royal menjadi bintang dalam serangkaian penjualan barang mewah di Jenewa bulan ini yang juga menampilkan barang-barang dari sejarah film termasuk mutiara yang dikenakan oleh Audrey Hepburn dan jam tangan yang diukir sendiri oleh Marlon Brando.

Bleu Royal awalnya diperkirakan akan terjual antara Rp 549 miliar dan Rp 785 miliar dalam lelang Christie's Magnificent Jewels.

Setelah putaran penawaran yang intens selama tujuh menit antara tiga pembeli potensial, barang tersebut dibeli oleh seorang kolektor pribadi yang tidak disebutkan namanya seharga Rp 687 miliar, termasuk pajak dan biaya.

Baca juga: 7 Batu Permata Termahal di Dunia, Berlian Putih hingga Zamrud

Berlian biru Bleu Royal Berlian biru Bleu Royal
“Kami sangat senang,” kata Max Fawcett, kepala perhiasan Christie’s di Jenewa.

Berlian itu telah terjual hampir 39,2 miliar rupiah per karat, menjadikannya perhiasan termahal yang terjual sepanjang tahun 2023 oleh rumah lelang mana pun di seluruh dunia. Dan secara historis ini termasuk dalam 10 besar perhiasan termahal yang pernah dijual.

Berlian berbentuk buah pir yang dipasang di atas cincin tersebut telah menjadi koleksi pribadi selama beberapa dekade dan penjualan pada hari Selasa menandai pertama kalinya berlian tersebut dilelang.

Sebelum penjualan pada hari Selasa, Kadakia menyoroti warna permata yang luar biasa itu dan menunjukkan bahwa banyak berlian berwarna modern memiliki potongan yang dimodifikasi untuk meningkatkan warnanya.

Dalam kasus Bleu Royal, dia menyebutkan bahwa bahan kasarnya sendiri sudah sangat indah sehingga mereka mampu memotongnya menjadi gaya klasik yang cemerlang. “Ia memenuhi semua kebutuhan – benar-benar terbaik di kelasnya,” tambahnya.

Baca juga: 12 Berlian Termahal di Dunia, yang Mana Juaranya?

Berlian biru Bleu Royal Berlian biru Bleu Royal
Berlian biru cerah yang mewah dengan berat lebih dari 10 karat sangatlah langka mengingat sejak Christie’s didirikan pada tahun 1766, hanya ada tiga batu serupa yang dijual – semuanya dalam 13 tahun terakhir.

Salah satunya adalah Oppenheimer Blue, yang terjual senilai 903 miliar rupiah pada lelang tahun 2016 dan merupakan satu-satunya berlian yang pernah dijual Christie’s dengan harga lebih dari Bleu Royal.

Sementara itu, rumah lelang pesaing, Sotheby's, menjual De Beers Cullinan Blue tahun lalu dengan harga lebih dari 895 miliar rupiah.

Penjualan perhiasan online terpisah yang berlangsung hingga 16 November, menampilkan kalung mutiara yang dikenakan Hepburn dalam film Roman Holiday tahun 1953.

Hepburn, yang memerankan seorang putri dalam komedi romantis tersebut, memilihnya dari semua item yang ditawarkan oleh toko perhiasan Austro-Hungaria, Furst, dan kemudian mengembalikannya dengan foto yang ditandatangani. Kalung mutiara ini dijual oleh kolektor Eropa dan memiliki harga awal Rp 314 juta.

Baca juga: Berlian Merah Muda Langka Dilelang, Harganya Berapa?

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com