Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Media dan Hiburan Jadi Industri Paling Dicari Gen Z untuk Berkarier

Kompas.com - 17/11/2023, 15:16 WIB
Dinno Baskoro,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

Sumber CNBC

KOMPAS.com - Preferensi berkarier antar generasi terus mengalami pergeseran seiring waktu. Khususnya bagi Gen Z, laporan terbaru dari Samsung dan Morning Consult menyebutkan dua industri yang paling dicari Gen Z dalam mengembangkan potensinya.

Laporan itu dikumpulkan melalui survei pada lebih dari 1.000 orang Amerika Serikat berusia 16 hingga 25 tahun (mereka masuk kategori Gen Z).

Survei menyatakan, para generasi Z sangat menghargai pilihan karier yang fleksibel dan kreatif demi menjaga keseimbangan antara kehidupan dan pekerjaan alias work life balance, sehingga industri yang paling banyak dicari mereka adalah berkarier di industri media dan hiburan.

"Sebagian besar daya tariknya adalah gaya hidup. Media dan industri hiburan adalah industri kreatif yang menawarkan fleksibilitas dan keleluasaan mengekspresikan diri. Dua atribut inilah yang dianggap penting bagi generasi muda."

Demikian kata perwakilan Samsung Electronics di AS, Ann Woo, seperti dikutip CNBC.

Baca juga: Gen Z Mengalami Lebih Banyak Kesulitan di Usia Dewasa Dibanding Orangtua Mereka, Menurut Survei 

Work life balance mengalahkan preferensi keamanan kerja

Banyak pihak menyebutkan, tahun 2023 adalah momen tersulit bagi industri media dan hiburan.

Tidak sedikit para industri hiburan dan media yang harus berjuang dan bergulat dengan penurunan pendapatan iklan, sampai bisnis streaming yang terus merosot.

Biro Statistik Tenaga Kerja di AS juga melaporkan, sektor hiburan telah kehilangan lebih dari 44.000 pekerja sejak Mei 2023 akibat masa sulit itu.

Meski demikian, sebagai generasi sosial yang menjunjung tinggi komunitas dan dampak sosial tetap mencari pekerjaan ini di saat situasi keamanan kerja yang belum stabil seutuhnya.

Pasalnya menurut laporan survei, work life balance merupakan satu hal penting bagi Gen Z untuk bisa mengembangkan diri, serta meningkatkan keterampilan serta mendukung kebebasan berkreasi.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com