Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Kompas.com - 26/11/2023, 13:38 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Glori K. Wadrianto

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Memiliki umur panjang hingga 100 tahun bukanlah sesuatu yang mustahil. Tetapi, ada beberapa faktor yang mungkin memeengaruhi hal tersebut.

Penelitian telah menunjukkan, gen memprediksi sekitar 25 persen dari umur seseorang, dengan pola makan, lingkungan, olahraga, dan faktor-faktor lain dalam kehidupan kita sehari-hari sebagai faktor sisanya.

Meskipun kita tidak dapat mengubah gen kita, namun memperbaiki pola makan akan membuat kita lebih sehat dan dapat membuat perbedaan dalam harapan hidup.

Selain itu, penelitian juga menunjukkan, meskipun kita baru mulai mengubah gaya hidup sehat setelah usia paruh baya, kita masih bisa menambah satu dekade atau lebih usia hidup.

Para peneliti yang berasal dari School of Medicine of the National and Kapodistrian University of Athens pun mempelajari lima wilayah di dunia dengan persentase centenarian — atau orang-orang berusia 100 tahun — yang tinggi.

Daerah-daerah ini disebut "Zona Biru", yang meliputi Semenanjung Nicoya di Kosta Rika, kota Loma Linda di California, dan pulau-pulau Okinawa di Jepang, Sardinia di Italia, serta Ikaria di Yunani.

Sekilas, pola makan, gaya hidup, dan kebiasaan orang-orang di Zona Biru ini mungkin tampak sangat berbeda satu sama lain.

Banyak penduduk Sardinia tinggal di daerah pegunungan, di mana mereka berburu, memancing, dan menghasilkan makanan mereka sendiri, seperti susu kambing, jelai, dan sayuran di kebun.

Sementara penduduk lama Loma Linda adalah bagian dari komunitas yang menghindari kafein dan alkohol, serta mengikuti pola makan vegetarian.

Kemudian di Ikaria, orang-orang makan makanan khas Mediterania dengan banyak buah dan sayuran, serta daging dan makanan laut dalam jumlah sedang.

Penduduk Okinawa secara historis telah mengonsumsi makanan nabati. Mereka mendapatkan banyak kalori dari ubi jalar dan sayuran segar, yang sering mereka panen dari kebun mereka.

Sedangkan, orang di Semenanjung Nicoya yang berusia 100 tahun cenderung mengonsumsi makanan tradisional Mesoamerika yang kaya akan makanan nabati bertepung seperti jagung dan kacang-kacangan.

Tips untuk mencapai usia 100 tahun

Walaupun kebiasaan makan mereka berbeda dalam banyak hal, mereka memiliki setidaknya empat parameter yang sama.

Kita dapat memasukkan prinsip-prinsip nutrisi centenarian yang umum ini ke dalam hidup dengan melakukan hal-hal berikut:

1. Sering mengonsumsi legume

Legume sangat populer di kalangan orang-orang yang tinggal di Zona Biru.

Halaman:
Baca tentang
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com