Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Makanan Kaya Protein yang Sering Dikonsumsi Orang Berusia 100 Tahun

Kompas.com - 01/09/2023, 15:02 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Lusia Kus Anna

Tim Redaksi

Sumber Insider

KOMPAS.com - Mengonsumsi makanan yang kaya akan protein adalah kunci memiliki umur yang lebih panjang.

Hal itu juga diungkapkan oleh seorang peneliti dan penulis, Dan Buettner, yang melakukan pengamatan terhadap pola hidup di Zona Biru, area bagi orang-orang yang mencapai atau melampaui usia 100 tahun dalam kondisi sehat.

Meskipun menu makanan mereka secara spesifik berbeda, namun penduduk di wilayah tersebut berfokus pada makanan sehat seperti kacang-kacangan, biji-bijian, rempah-rempah, dan sayuran hijau.

Terlepas dari wilayahnya, pola makan ini juga cenderung rendah lemak dan banyak mengandung karbohidrat.

 Baca juga: Diungkap, Orang-orang Panjang Umur di Zona Biru Tidak Gila Kesehatan

Menurut Buettner, orang yang ingin meniru diet Zona Biru harus berusaha membuat makanan nabati sekitar 95 persen dari makanan mereka dan membatasi asupan daging merah.

Untuk mendapatkan protein yang cukup dalam diet Zona Biru, fokuslah pada sumber-sumber yang padat nutrisi seperti kacang-kacangan, dengan sesekali mengonsumsi ikan, produk susu, dan telur.

Makanan kaya protein ala Zona Biru
Dilansir dari laman Insider, berikut adalah daftar makanan yang kaya akan protein untuk membuat kita lebih sehat dan juga panjang umur.

1. Legume, lentil, kacang
Legume, lentil, dan kacang merupakan landasan utama dari diet Zona Biru.

Makanan ini memainkan peran utama dalam diet yang sehat, mulai dari kacang hitam di Kosta Rika hingga lentil dan chickpea di Mediterania.

Di Jepang, kedelai merupakan sumber protein yang populer, sebagai edamame rebus atau diolah menjadi tahu untuk sup maupun tumisan yang sangat bergizi.

Pedoman diet Zona Biru Buettner juga merekomendasikan untuk mengonsumsi setidaknya setengah cangkir makanan ini setiap hari.

2. Biji-bijian utuh
Biji-bijian utuh (whole grain) biasanya dianggap sebagai sumber karbohidrat, tetapi varietas tertentu yang belum diolah juga dapat menambahkan protein ke dalam makanan kita.

Gandum utuh, soba, dan couscous mengandung lima hingga enam gram protein per cangkir. Sementara quinoa mengandung delapan gram protein per cangkir.

Baca juga: Kaya Serat, Kenali 7 Manfaat Biji Rami untuk Kesehatan

Biji-bijian untuk menurunkan tekanan darah tinggiNiken Monica Biji-bijian untuk menurunkan tekanan darah tinggi
Biji-bijian utuh juga mengandung asam amino esensial, yang dikombinasikan dengan nutrisi dalam kacang-kacangan dapat menjadi sumber protein yang lengkap.

Hidangan berbahan dasar beras dan kacang-kacangan merupakan makanan pokok yang sangat umum di seluruh dunia, termasuk Zona Biru.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com