Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tips agar Belanja Jadi Cara Tepat untuk Self Care

Kompas.com - 07/12/2023, 20:32 WIB
Ryan Sara Pratiwi,
Wisnubrata

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Hiruk pikuk rutinitas sehari-hari kerap kali membuat kita lupa berhenti sejenak dan beristirahat untuk meningkatkan kesejahteraan diri.

Padahal, berinvestasi waktu dan perhatian pada diri sendiri melalui self care menjadi salah satu langkah penting untuk mencapai keseimbangan dan kebahagiaan dalam hidup.

Menurut seorang psikolog, Tiara Puspita, manfaat perawatan diri atau self care dapat dirasakan sepanjang hidup, bukan hanya dalam satu hari saja.

"Self care sendiri mengacu pada individual, keluarga, dan komunitas yang senantiasa menjaga kesehatan, mencegah penyakit, dengan atau tanpa dukungan dari tenaga kesehatan," katanya dalam acara media gathering Shopee 12.12 di Jakarta, Rabu (6/12/2023).

"Jadi, kita perlu lebih peka terhadap sinyal yang dikirimkan oleh tubuh dan pikiran. Tanpa disadari, diri kita sering memperlihatkan gejala sebagai sinyal yang mengingatkan akan perawatan diri, mulai dari tubuh yang kelelahan, mood dan pikiran mengalami kejenuhan, stres, hingga kecemasan."

"Hal ini perlu diperhatikan dan dirawat, tujuannya agar daya fokus dan produktivitas kita tetap terjaga, dan tentunya hidup jadi lebih tenang dan bahagia," ungkapnya.

Belanja sebagai cara untuk self care

Ada banyak cara mudah yang bisa kita lakukan untuk menerapkan self care dalam kehidupan sehari-hari, salah satunya dengan berbelanja.

Meski begitu, kita juga harus tetap mindful dan bijak dalam berbelanja agar cara ini tidak berubah menjadi stres tambahan yang mempengaruhi kesehatan mental kita.

Seorang kreator dan Co-Founder Parentalk, Nucha Bachri menyarankan untuk memperhatikan beberapa hal sebelum memanfaatkan kegiatan berbelanja sebagai langkah self care.

"Selain merinci daftar barang belanja, kita perlu memperhitungkan budget bulanan," terangnya.

"Kita harus memikirkan segala sesuatunya karena banyak banget hal yang sifatnya hidden cost. Jangan sampai sudah mengeluarkan banyak uang untuk belanja ternyata ada keperluan mendadak yang juga membutuhkan uang lebih."

"Ada banyak hal yang tidak bisa dikontrol tapi soal belanja itu sangat bisa. Misalnya, kita mempertimbangkan harga, kebutuhan, hingga pilihan tempat untuk belanjanya," kata Nucha.

Sementara itu, Tiara juga menambahkan bahwa saat kita merasa stres, kita kemungkinan akan melakukan segalanya secara berlebihan, termasuk dalam hal belanja.

Bertepatan dengan puncak kampanye yang jatuh pada tanggal 12 Desember mendatang, deretan promo terbesar akhir tahun dan fitur-fitur menarik seperti Shopee Live dan Shopee Video bisa langsung dimaksimalkan pengguna.Dok. Shopee Bertepatan dengan puncak kampanye yang jatuh pada tanggal 12 Desember mendatang, deretan promo terbesar akhir tahun dan fitur-fitur menarik seperti Shopee Live dan Shopee Video bisa langsung dimaksimalkan pengguna.
"Apa pun hal yang dilakukan secara tidak terkontrol bisa berdampak negatif, sehingga penting untuk menyadari kebutuhan dan budget masing-masing, berapa uang yang bisa dikeluarkan setiap bulannya terlepas dari kebutuhan pokok," jelasnya.

"Bisa juga belanja dengan memanfaatkan diskon atau promo untuk membantu kita mempertimbangkan pengeluaran yang lebih bijak dan tidak boros," imbuh dia.

Kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale

Dalam rangka kampanye Shopee 12.12 Birthday Sale, Shopee telah merangkai penawaran  khususnya untuk produk kecantikan, fesyen, perlengkapan rumah, elektronik, dan berbagai kategori lainnya.

Bertepatan dengan puncak kampanye yang jatuh pada tanggal 12 Desember mendatang, deretan promo terbesar akhir tahun dan fitur-fitur menarik seperti Shopee Live dan Shopee Video bisa langsung dimaksimalkan pengguna.

Kolaborasi spesial sepanjang kampanye 12.12 bersama mitra brand lokal dan UMKM juga turut menghadirkan ragam pilihan produk untuk perawatan kulit, khususnya self care, yang berkualitas dengan berbagai promo menarik dan menguntungkan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com