Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengulik Kerajaan Bisnis Keluarga Hermès yang Berawal dari Pelana Kuda

Kompas.com - 18/12/2023, 09:04 WIB
Sekar Langit Nariswari

Penulis

KOMPAS.com - Keluarga Hermès tengah menjadi sorotan karena keputusan salah satunya anggotanya mewariskan harta 11 miliar dollar AS untuk tukang kebunnya.

Wasiat mengejutkan ini sekaligus memancing rasa penasaran publik pada keluarga besar Hermès yang jarang terungkap di publik.

Baca juga: Ahli Waris Hermès Wariskan Kekayaan Rp 172 Triliun untuk Tukang Kebunnya

Selama ini, Hermès lebih dikenal sebagai perusahaan keluarga yang memproduksi barang-barang mewah berkualitas tinggi, yang digemari para sosialitas dan orang kaya dunia.

Kebangkitan keluarga Hermès

Kerajaan bisnis Hermès bermula di tahun 1837 saat Thierry Hermès, seorang pembuat perlengkapan berkuda seperti pelana dan tali pengaman, membuka bengkelnya di rue Basse-du-Rempart, Paris, Perancis.

Kualitas produk dan keahliannya membuatnya segera populer sehingga digemari anggota kerajaan dan memberikan perlindungan sekaligus reputasi papan atas.

Baca juga: Tas Hermes, Jenama Perlengkapan Kuda, Awalnya

Putranya, Charles-Émile Hermès lalu membuka toko di wilayah 24 Faubourg Saint-Honoré di tahun 1880.

Bisnis keluarga tersebut berkembang pesat setelah diwariskan pada Émile Hermès, putra Charles-Émile yang kemudian mendiversifikasi bisnisnya dengan memperkenalkan koper, tas tangan, dan barang-barang kulit lainnya.

Insting bisnis Émile membuatnya tak henti berinovasi, termasuk memperkenalkan pakaian, perhiasan, jam tangan, dan sandal pria siap pakai yang pertama di era 1925-1928.

Hermès Birkin menjadi salah satu koleksi tas branded favorit para sosialitaRepro bidik layar via Hermès Hermès Birkin menjadi salah satu koleksi tas branded favorit para sosialita

Bisnis Hermès lalu dilanjutkan oleh Robert Dumas, salah satu menantu Émile, yang dikenal karena rilisan syal sutra ikonik Hermès pada tahun 1937 dan gelang Chaîne d'ancre.

Generasi selanjutnya, Jean-Louis, mengambil alih kepemimpinan pada tahun 1978 yang mengembangkan bisnis keluarga itu dengan memasuki wilayah dan teknik baru.

Baca juga: 8 Alternatif Tas Hermès Kelly yang Lebih Ramah di Kantong

Ia mengawali pembuatan sepatu Hermès dan jam tangan dengan nama La Montre Hermès, lalu mengintegrasikan perajin perak Puiforcat pada tahun 1993 dan pabrik kristal Saint-Louis pada tahun 1995

Jean-Louis Dumas juga membuka banyak toko serta Maisons Hermès di seluruh dunia termasuk New York di tahun 2000, Tokyo tahun 2001 dan Seoul pada tahun 2006.

Axel Dumas, keponakan Jean-Louis Dumas, menjadi Ketua Eksekutif Hermès pada tahun 2013, yang membuka Maison Hermès kelima di Shanghai pada tahun 2014.

Perkembangan toko dan bisnis keluarga tersebut juga semakin masif di era kepemimpinan muda ini, termasuk pembukaan Maison Hermès di 706 Madison Avenue di Upper East Side New York.

Baca juga: Hermès Birkin Jadi Tas Mewah yang Paling Diminati di Seluruh Dunia

Produk legendaris Hermès

Nama besar Hermès tentunya tak bisa lepas dari dua koleksi ikoniknya yakni tas Hermès Kelly dan Hermès Birkin.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com