Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Itu Resolusi Tahun Baru? Ternyata Ada Sejak 4.000 Tahun Silam 

Kompas.com - 01/01/2024, 14:17 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Resolusi tahun baru menjadi topik yang kerap dibahas saat pergantian tahun. Namun, tahukah kamu apa yang dimaksud dengan resolusi tahun baru tersebut? 

Tidak dipungkiri, masih ada sejumlah masyarakat yang belum mengetahui dengan pasti apa yang dimaksud dengan resolusi tahun baru

Baca juga:

Padahal, resolusi tahun baru merupakan salah satu hal positif yang dapat dilakukan saat menyambut pergantian tahun. Nah, daripada penasaran atau hanya mengetahui sekilas saja, simak ulasan tentang resolusi tahun baru berikut ini.  

Definisi resolusi tahun baru

Ilustrasi kembang api saat malam tahun baru di Hong Kong. Dok. Hong Kong Tourism Board Ilustrasi kembang api saat malam tahun baru di Hong Kong.

Kata resolusi sudah terdaftar dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). Menurut KBBI, kata resolusi berarti putusan atau mufakat pendapat berupa permintaan atau tuntutan (dalam rapat atau diskusi). 

Resolusi juga dapat dipahami sebagai pernyataan tertulis yang berisi tuntutan tentang suatu hal. Dalam konteks resolusi tahun baru, mengacu pada makna kedua, yakni pernyataan tertulis yang berisi tuntutan tentang suatu hal.

Sementara itu, Cambridge Dictionary mendefinisikan resolusi sebagai keputusan resmi kelompok atau organisasi yang diambil melalui pemungutan suara. 

Cambridge Dictionary juga mengartikan resolusi sebagai janji kepada diri sendiri untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu. Dalam konteks resolusi tahun baru, maknanya mengacu pada penjelasan kedua yakni janji kepada diri sendiri untuk melakukan atau tidak melakukan sesuatu.

Baca juga:

Dari defisini tersebut, kita dapat memahami bahwa resolusi harus dituangkan dalam bentuk tulisan, sebagai wujud komitmen pada diri sendiri. Selain itu, resolusi bersifat tuntutan atau janji, sehingga kita harus berupaya untuk mencapainya. 

Resolusi tahun baru mencerminkan keinginan untuk melakukan perubahan demi meraih kehidupan yang lebih baik atau mencapai target-target pada tahun mendatang. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com